Sukses

Selama Ramadhan, Sampah di Kota Tangsel Diprediksi Meningkat

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperkirakan jumlah sampah rumah tangga selama puasa Ramadhan 1443 Hijriah meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperkirakan jumlah sampah rumah tangga selama puasa Ramadhan 1443 Hijriah meningkat.

Peningkatan jumlah sampah itu, didasari dari proyeksi peningkatan konsumsi masyarakat Tangsel, selama ibadah puasa.

"Ada peningkatan belanja masyarakat ke pasar, artinya ada peningkatan konsumsi di Ramadhan. Ketika konsumtif mereka pasti ada timbunan," terang Kepala DLH Tangsel, Wahyunoto Lukman, Minggu (3/4/2022).

Menurut dia, produksi sampah di Tangsel, lebih banyak disumbang dari sampah rumah tangga. Dengan peningkatan konsumsi masyarakat pada bulan puasa, maka jumlah sampah yang diproduksi rumah tangga juga naik.

"Kalau diperkirakan setiap rumah tangga menambah sampai 0,5 persen saja per rumah tangga, maka penambahan sampah kita mencapai 250 ton di bulan Ramadhan," tutur Wahyunoto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi

Jika dibandingkan dengan produksi sampah yang mencapai 400-500 ton sampah per hari, pada Ramadhan, produksi sampah bisa menjadi 750 ton.

"Biasanya 400 sampai 500 ton per hari. Ini estimasi dengan kemungkinan mereka konsumsi lebih tinggi, maka ada tambahan sampah per rumah tangga jadi total bisa 750 ton perhari di bulan Ramadhan," tutur Wahyunoto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.