Punya Koneksi WiFi Tercepat di Dunia, Stasiun Bogor Pecahkan Rekor MURI

Oleh Achmad Sudarno pada 31 Mar 2022, 20:33 WIB
Diperbarui 31 Mar 2022, 20:33 WIB
Stasiun Bogor mendapat rekor MURI karena memiliki koneksi WiFi tercepat di dunia
Perbesar
Stasiun Bogor pecahkan rekor MURI karena memiliki koneksi WiFi tercepat di dunia. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator layangan transportasi massal meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI). Rekor MURI diraih karena menghadirkan layanan internet WiFi gratis di Stasiun Bogor dengan kecepatan tertinggi di dunia.

Memiliki kapasitas sebesar 2.000 Mbps, kecepatan internet di Stasiun Bogor digadang-gadang setara dengan stasiun kelas dunia lainnya.

Penerimaan rekor MURI sebagai stasiun kereta pertama dengan kecepatan tertinggi di dunia ini, menjadi penegasan komitmen PT KAI, Pemerintah Kota Bogor, dan Surge dalam menghadirkan kenyamanan dan pelayanan bagi masyarakat melalui penyediaan konektivitas yang berkualitas.

"Bersama PT KAI, kami turut bangga bahwa inovasi layanan Free WiFi AdaKita mendapatkan apresiasi dan antusiasme yang tinggi hingga mampu meraih rekor MURI," ujar Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan, layanan internet WiFi gratis ini merupakan bagian dari misi Surge untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat konektivitas digital yang berkualitas.

Dengan dukungan Pemkot Bogor, layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan tinggi ini tidak hanya dapat dinikmati bagi pengguna kereta di Stasiun Bogor, namun juga oleh masyarakat di sekitar stasiun, termasuk Alun-Alun Kota Bogor.

"Nantinya Surge dapat berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan ekonomi digital di Bogor dan Pulau Jawa. Kedepan, kami terus mendorong kehadiran Free Wifi AdaKita di berbagai ruang publik, agar dampak sosial konektivitas ini dapat dinikmati lebih banyak masyarakat," ucapnya.


Masyarakat di Sekitar Stasiun Bogor Bisa Akses WiFi Gratis

Stasiun Bogor
Perbesar
Suasana Stasiun Bogor setelah kejadian KRL anjlok. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Plt Vice President Non Transport Commercialization PT KAI, Krisna Arianto mengatakan suatu kebanggaan bagi Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta di Indonesia yang menyediakan layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan kelas dunia.

Menurutnya, kerja sama yang telah terjalin dengan Surge merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan swasta sesuai keahlian masing-masing untuk mendukung misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan internet secara merata di Indonesia.

"Ke depan, masyarakat di daerah sekitar fasilitas PT KAI dapat mengakses internet WiFi gratis dengan mudah, nyaman, dan terjangkau sehingga kebutuhan akan aksesibilitas internet WiFi dapat terpenuhi dan berdampak positif pada berbagai aspek dan aktivitas keseharian,” ujarnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan apresiasinya terhadap penerimaan rekor MURI pada layanan internet gratis kelas dunia di Stasiun Bogor.

"Mewakili warga Bogor, kami berterima kasih dan bangga dengan predikat yang diraih stasiun kereta bersejarah kebanggaan kita," kata dia.

Bima menerangkan, Inovasi yang dihadirkan PT KAI dan Surge dalam meningkatkan kualitas layanan internet di Stasiun Bogor beserta Alun-alun Kota Bogor ini sejalan dengan misi Pemkot Bogor untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi digital di segala lini kehidupan.

"Area Stasiun Bogor yang terintegrasi Alun-Alun Bogor dengan internet berkapasitas tinggi merupakan perpaduan perwujudan heritage city, green city, dan smart city yang merefleksikan semangat Bogor Berlari. Harapannya lewat layanan ini dapat membangkitkan percepatan pembangunan ekosistem digital Kota Bogor," pungkasnya.

Sebelumnya, internet WiFi gratis di Stasiun Bogor telah hadir sejak tahun 2018 dengan kecepatan 100 Mbps. Melalui layanan Free WiFi AdaKita, internet WiFi gratis yang disediakan meningkat kecepatannya hingga dua puluh (20) kali lipat, seiring dengan beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa.

AdaKita adalah aplikasi mobile multifungsi dari Surge yang salah satu kegunaannya dapat digunakan masyarakat untuk mengakses layanan internet WiFi gratis yang disediakan di berbagai ruang publik, termasuk di stasiun Commuter Line Jabodetabek.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya