Sukses

Satgas Pangan Polri Gelar Rakor Evaluasi Stok dan Harga Pangan Jelang Ramadan

Polri menyatakan, satgas pangan tetap mendalami dan menindaklanjuti informasi-informasi yang masuk terkait adanya dugaan pihak-pihak yang berlaku curang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika menggelar rapat koordinasi internal dalam rangka mengevaluasi ketersediaan dan harga pangan menjelang bulan Ramadan dan Idulfitri 2022.

Dalam rakor yang dihadiri oleh tim dari Satgas Pangan Pusat dan Kasatgas Daerah dari seluruh Indonesia itu, Helmy menyampaikan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan dan lebaran tahun ini mencukupi.

"Hal ini berdasarkan hasil monitoring, paparan, dan data yang dihimpun dari kementerian terkait. Adapun beberapa komoditas yang menjadi hotspot selain minyak goreng yaitu gula, daging sapi, dan kedelai karena pemenuhannya bergantung pada impor dan harga dipengaruhi oleh perkembangan global," kata Helmy dalam rapat, Rabu (30/3/2022).

Sementara untuk komoditas lokal seperti bawang merah dan cabai, Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen ini mengatakan secara umum stok ketersediaannya aman.

Helmy menyampaikan, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah antisipasi terkait dengan hal ini melalui realisasi importasi gula, daging sapi, dan kedelai untuk tujuan pemenuhan ketersediaan di dalam negeri.

"Strategi komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi dan penyelesaiannya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Kecurangan Akan Ditangani Profesional

Helmy menyatakan satgas pangan tetap mendalami dan menindaklanjuti informasi-informasi yang masuk terkait adanya dugaan pihak-pihak yang berlaku curang. Laporan tersebut akan ditangani secara objektif, prosedural, profesional, dan transparan.

Dalam rakor tersebut, Helmy memberikan beberapa penekanan. Pertama, terkait dengan minyak goreng yang saat ini sedang dilakukan upaya stabilisasi oleh pemerintah, harus didukung dengan langkah nyata membantu pengawasan dan pendistribusiannya harus lancar.

Kedua, terkait komoditas lain menjelang bulan puasa dan lebaran, satgas pangan pusat dan daerah agar melakukan pengecekan langsung di sentra-sentra pangan seperti Brebes, Magelang, Temanggung dan lain-lain.

"Kunjungi petani, pedagang sampai ke pasar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, serap apa yang menjadi permasalahan," kata dia.

3 dari 4 halaman

Optimis stok stabil

Ketiga, harus optimistis stok ketersediaan, distribusi, dan harga pangan menjelang bulan puasa hingga lebaran tahun ini stabil melalui kerja keras dan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan.

Keempat, Helmy mengungkapkan sejak menjabat Kasatgas Pangan banyak suka duka dalam upaya mendukung pemerintah dalam mewujudkan pangan aman.

"Alhamdulillah selama 2019, 2020 dan 2021 secara umum, pangan aman, termasuk saat perayaan hari besar keagamaan nasional," kata dia.

4 dari 4 halaman

Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.