Sukses

Jaga Stok Pangan Ramadan, Polri Minta Masyarakat Bijak Berbelanja

Jelang Ramadan, animo masyarakat dalam berbelanjan umumnya lebih tinggi dari biasanya. Hal itu dikhawatirkan dapat menguras stok pangan yang seharusnya dapat mencukupkan seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Ramadan, animo masyarakat dalam berbelanjan umumnya lebih tinggi dari biasanya. Hal itu dikhawatirkan dapat menguras stok pangan yang seharusnya dapat mencukupkan seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Karena itu, Kepala Satgas Pangan Polri, Irjen Helmy Santika, meminta masyarakat Indonesia untuk bijak dalam berbelanja di bulan Ramadan, agar kekhawatiran kurangnya stok pangan bisa diantisipasi.

“Belilah kebutuhan secukupnya, jangan berlebihan serta menyimpan stok melebihi kebutuhan, khususnya minyak goreng curah yang saat ini sedang dilakukan upaya stabilisasi oleh pemerintah,” ujar Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika dalam keterangan diterima, Selasa (29/3/2022).

Selain imbuan kepada masyarakat, Helmy juga meminta agar para pelaku usaha tidak membuat pelanggaran terkait ketersediaan stok pangan. Dia mewanti akan ada hukuman bilamana hal itu terjadi dan diketahui oleh Polri.

“Polri akan bertindak objektif terhadap para pelaku yang akan berbuat curang memanfaatkan situasi untuk kepentingan sendiri. Tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana stok, ketersediaan barang, distribusi tidak mengalami hambatan dan ada di lapangan,” tegas Helmy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stok Pangan Aman

Sementara itu, dari hasil rakor dan monitoring di lapangan, Helmy memastikan ketersedian semua bahan pokok pangan dalam kondisi aman. Meski begitu, pihaknya terus melakukan pengawasan ketat, khususnya untuk minyak goreng jenis curah yang disubsidi pemerintah.

“Hasil pemantauan di lapangan, ketersediaan aman, distribusi lancar dan harga relatif masih sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi) atau pun harga acuan, serta relatif terjangkau oleh masyarakat,” tutup Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen ini.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.