Sukses

Kapan Hari Pertama Puasa? Ini Penetapan 1 Ramadan 1443 Versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Beberapa organisasi massa Islam seperti Muhammadiyah mempunyai metode tersendiri dalam menetapkan jatuhnya 1 Ramadan. Muhammadiyah menentukan melalui metode hisab hakiki.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Namun, kapan ditetapkannya tanggal 1 Ramadan, hingga kini masih menjadi tanda tanya besar. Dalam penerapannya ada beberapa metode yang digunakan untuk mengetahui kapan 1 Ramadan 2022 jatuh.

Untuk menetapkan tanggal 1 Ramadan di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan hari pertama puasa melalui sidang isbat, yakni dengan melakukan pengamatan astronomis terhadap posisi hilal yang menjadi acuan apakah bulan Ramadaan sudah tiba.

Penetapan awal Ramadan di Indonesia dengan metode rukyat dan hisab sendiri tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang penetapan Awal Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah.

Namun, beberapa organisasi massa Islam seperti Muhammadiyah mempunyai metode tersendiri dalam menetapkan jatuhnya 1 Ramadan. Muhammadiyah menentukan melalui metode hisab hakiki. Lalu kapan tanggal 1 Ramadan tiba?

Berikut beberapa info mengenai awal puasa yang berasal dari pemerintah dan Muhammadiyah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Sidang Isbat Ramadan 2022

Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat pada Jumat, 1 April 2022. Pada penetapan tanggal 1 Ramadan ini akan dilaksanakan melalui tiga tahapan. Mulai dari pemaparan posisi hilal, sidang isbat secara tertutup dan konferensi pers hasil dari sidang isbat.

Semua proses sidang isbat ini akan disiarkan langsung oleh TVRI dan sosial media Kemenag.

3 dari 3 halaman

Hasil Penetapan 1 Ramadan Muhammadiyah

Meski pemerintah belum menetapkan Ramadan jatuh tanggal berapa, Muhammadiyah telah mengeluarkan keputusan terkait jatuhnya 1 Ramadan 1443 H, yaitu pada tanggal 2 April 2022.

Keputusan awal Ramadan ini dikutip dari laman Muhammadiyah berdasar pada hasil hisab hakiki kriteria Wujudul Hilal yang menjadi acuan bagi Majlis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu Pon, 2 April 2022 M,” demikian isi dari Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.” Muhammadiyah melalui laman resminya.

 

Rifqy Sakti Pratama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.