Sukses

Begini Jawaban Luhut Saat Ditanya Kesiapan Jadi Capres Usai Jokowi Lengser

Pertanyaan itu dilontarkan Sutisna, yang merupakan warga Desa Pasir Wangi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Luhut sendiri tersenyum mendengar pertanyaan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mendapat pertanyaan menarik ketika menghadiri acara Silaturahmi Nasional Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI Tahun 2022 di Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022).

Seorang peserta acara bertanya kepada Luhut soal kesiapannya apabila diusulkan menjadi calon presiden atau capres, setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi habis masa jabatannya.

Pertanyaan itu dilontarkan Sutisna, yang merupakan warga Desa Pasir Wangi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Luhut sendiri tersenyum mendengar pertanyaan itu.

"Mudah-mudahan Bapak panjang usia, sehat barokah. Pertanyaan saya, apakah bapak siap dicalonkan sebagai presiden setelah bapak Jokowi lengser?" tanya Sutisna kepada Luhut.

Pertanyaan itu pun langsung disambut riuhan para peserta APDESI yang hadir. Sementara itu, Luhut tersenyum mendengar pertanyaan dari Sutisna.

"Setelah Pak Jokowi lengser, saya yakin bapak bakal banyak membantu kemajuan desa di seluruh Indonesia," ujar Sutisna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu Permintaan Luhut

Luhut menyampaikan terima kasih kepada Sutisna atas pertanyaannya. Tapi, pria berusia 74 tahun ini mencoba menjawab pertanyaan Sutisna dengan bijak.

"Satu saja permintaan saya, boleh? Doain kami sehat-sehat. Kalau saya, kita hidup itu harus tahu diri. Saya ulangi ya, saya nasihat sebagai orang tua. Semua di bawah langit ini ada waktunya. Jadi, kita ndak boleh cita-cita yang aneh-aneh," tutur Luhut.

Dia mengaku tak bermimpi untuk menjadi presiden ataupun wakil presiden. Luhut menekankan dirinya hanya menyelesaikan tanggung jawabnya yang diberikan Presiden Jokowi kepadanya.

"Jadi saya enggak mau. Saya pikir ada waktunya saya pensiun. Tidak mimpi saya jadi wapres atau presiden, biarlah yang lain. Saya hanya nuntaskan tanggung jawab yang diberikan presiden kepada saya," jelas pria asal Sumatera Utara ini.

3 dari 3 halaman

Puji Jokowi

Menurut dia, tidak mudah mencari sosok presiden seperti Jokowi. Luhut mengatakan, masyarakat beruntung memiliki seorang presiden seperti Jokowi.

"Kita doakan saja satu ketika kita temukan presiden seperti Pak Jokowi. Saya mungkin salah satu yang paling banyak pengalaman dalam melihat percaturan ini bisa nyatakan kita beruntung dapat Pak Jokowi sebagai Presiden RI," kata Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.