Sukses

Digitalisasi Mendisrupsi Aspek Kehidupan, Wapres Ma'ruf Minta Masyarakat Berinovasi

Wapres Ma'ruf tidak memungkiri jika jangkauan internet yang belum merata di seluruh pelosok negeri menjadi kendala tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin, menilai, digitalisasi merupakan aspek yang sudah melekat dengan masyarakat masa kini. Bahkan, Ma'ruf menyatakan, digitalisasi telah mendisrupsi seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pertanian.

"Masyarakat harus dapat beradaptasi serta berinovasi," ucap Wapres Ma'ruf Amin pada acara Peresmian Peluncuran Aplikasi Lapak Abah – Ojek Desa dan Santri Digitalpreneur di Kantor Bupati Purwakarta, Jalan Ganda Negara Nomor 11A, Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat, dikutip dari siaran pers diterima, Senin (28/03/2022).

Meski pemerintah terus mendorong digitalisasi, Wapres Ma'ruf Amin tidak memungkiri jika jangkauan internet yang belum merata di seluruh pelosok negeri menjadi kendala tersendiri. Namun, dia menegaskan, rakyat tidak perlu khawatir karena pemerintah akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk pemerataan koneksi agar ekonomi kembali bangkit.

"Pemerintah terus berupaya memfasilitasi dengan meningkatkan infrastruktur teknologi informasi. Pemerintah juga terus mengupayakan pemulihan perekonomian nasional, antara lain dengan menggerakkan ekonomi perdesaan, khususnya dengan memanfaatkan potensi pada sektor pertanian dan pemberdayaan UMKM," tutur dia.

Wapres melihat, adanya peluang pengembangan UMKM masyarakat, termasuk di pondok pesantren, dapat diciptakan melalui beragam inovasi dan pengembangan teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi Jekdes

Salah satunya, melalui hadirnya aplikasi Jekdes atau Ojek Desa. Ma'ruf meyakini, terobosan itu dapat mendongkrak sektor ekonomi desa dan menciptakan peluang kerja baru terhadap masyarakatnya.

"Adanya yang menyediakan transportasi online untuk membantu aktivitas perekonomian di pedesan, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru," ujar Ma'ruf.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.