VIDEO BERANI BERUBAH: Pundi-Pundi Rupiah dari Limbah

VIDEO BERANI BERUBAH: Pundi-Pundi Rupiah dari Limbah

Budi Santoso hanyalah seorang warga biasa, namun melihat kondisi lingkungan, dia menjadi prihatin dan ingin Berani Berubah. Mulai dari banyaknya limbah hingga pangan yang sering menggunakan pengawet kimia, Budi ingin menemukan solusi untuk kedua masalah tersebut.

Tak lama, muncul ide untuk menggabungkan keduanya menjadi satu solusi yang luar biasa. Yakni dengan menyulap limbah sekam padi menjadi pengawet alami.

Menggunakan sebuah alat khusus yang dibuatnya sendiri, Budi berhasil menciptakan liquid smoke dari limbah sekam padi untuk kemudian digunakan sebagai pengawet alami. Pengawet ini bisa diaplikasikan pada bahan industri, pangan, maupun kebutuhan pertanian.

Meski begitu, semuanya bukan tanpa permasalahan. Saat awal mencoba, Budi menemui banyak kegagalan. Namun, dia pantang menyerah dan terus berusaha. Tak hanya pengawet alami, namun Budi juga mampu memproduksi pupuk alami penstabil pH tanah dari sekam padi yang diolahnya.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ringkasan

Oleh Yoga Nugraha, Reza Rinaldi pada 28 March 2022, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights