Sukses

Top 3 News: Makna Khusus di Balik Isu Reshuffle Kabinet pada Rabu Pon

Spekulasi adanya reshuffle kabinet dalam Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin terus bergulir. Bahkan disebut perombakan menteri diambil pada Rabu Pon.

Liputan6.com, Jakarta - Ada apa dengan Rabu Pon? Seiring dengan isu adanya reshuffle kabinet dalam jajaran menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dikabarkan perombakan tersebut akan diambil pada Rabu Pon. Kebetulan, Rabu Pon kali ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2022.

Diketahui, pada tanggal tersebut Presiden Jokowi telah menggelar rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka. Salah satu isu yang dibahas terkait penyelenggaraan MotoGP Mandalika. 

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan tidak ada pembahasan terkait reshuffle kabinet.

Isu reshuffle pada Rabu Pon ini bukan pertama kali mengemuka. Selama pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, isu keputusan politik adanya perombakan menteri di Rabu Pon telah lima kali mencuat.

Berita terpopuler kedua di top 3 news lainnya terkait gempa di sejumlah wilayah Indonesia. Pada Kamis, 24 Maret kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada dua lindu terjadi.

Gempa magnitudo 4,8 menggoyang Kecamatan Kairatu, Maluku, sedangkan magnitudo 4,9 mengguncang Manokwari, Papua Barat. 

Ditemukannya seorang pria dalam kondisi bersimbah darah di mobil yang terparkir di lingkungan Apartemen Kelapa Gading, Jakarta Utara, juga tak kalah menyita perhatian publik. Korban terkunci dari dalam dan ada senjata tajam jenis pisau di deket korban.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 24 Maret 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. HEADLINE: Isu Reshuffle Kabinet Selalu Berulang Jelang Rabu Pon, Ada Makna Khusus?

Agenda rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/3/2022) memunculkan spekulasi adanya reshuffle atau perombakan.

Spekulasi itu bukan tanpa alasan. Sebab, dari yang sudah-sudah, biasanya keputusan politik dari Jokowi, termasuk merombak jajaran menterinya diambil pada Rabu Pon. Kebetulan, Rabu Pon kali ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2022.

Namun, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong, mengaku tidak ada informasi soal agenda reshuffle dalam rapat terbatas yang digelar Presiden Jokowi pada Rabu (23/3/2022). "Saya belum tahu," ucap Wandy.

Isu reshuffle kabinet para Rabu Pon memang bukan kali ini saja mengemuka. Bahkan terhitung sudah lima kali isu reshuffle pada Rabu Pon ini muncul selama periode kedua pemerintahan Jokowi.

Tapi, sebenarnya isu reshuffle juga tidak bergulir begitu saja. Sebelumnya, Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB, Luqman Hakim, menyebut bahwa pada akhir Maret 2022 Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

"Kalau kabar-kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini," ujar Luqman kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Peristiwa Gempa Hari Ini 24 Maret 2022 Guncang Kairatu Maluku dan Manokwari Papua Barat

Ada dua wilayah di Tanah Air yang kembali diguncang gempa hari ini, Kamis (24/3/2022). Hingga pukul 22.30 WIB, gempa tersebut terjadi di Kecamatan Kairatu, Maluku dan Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut saat gempa getarkan Manokwari, getarannya terasa dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Manokwari. 

Lindu terjadi pada pukul 06.54.46 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,8.

Sementara, gempa bumi bermagnitudo 4,9 mengguncang Kairatu pada pukul 20.51.53 WIB. Lindu berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer. 

Getarannya bahkan terasa hingga Kairatu dan Ambon, masing-masing dalam skala IV dan III MMI. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pria Tewas di Dalam Mobil dengan Leher Tersayat di Kelapa Gading, Keluarga Sebut Depresi

Seorang pria ditemukan dengan kondisi bersimbah darah di dalam mobil yang terpakir di lingkungan Apartemen Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (23/3/2022) malam WIB.

Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Rio Tobing menerangkan, korban LJZ (32) ditemukan pertama kali oleh istrinya dan dan sekuriti apartemen pada pukul 20.30 WIB.

"Kami mendapatkan informasi bahwa korban ditemukan di dalam mobil. Saat itu, posisinya terkunci dari dalam. Dan kunci mobil berada di sebelah kiri korban," kata Rio Tobing dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3/2022).

Rio menyampaikan, ditemukan juga senjata tajam jenis pisau di deket korban. Dugaan sementara adanya keterkaitan antara luka pada tubuh korban dengan pisau tersebut.

Dia menyebut, terdapat luka sayatan kurang lebih dengan panjang 3 centimeter sampai 5 centimeter pada bagian leher tengah. "Pisau ditemukan di sebelah kanan doortrim sebelah kanan mobil milik korban," ujarnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.