Sukses

Cegah Kelangkaan, BI Pantau Komoditas Pangan Jelang Ramadan

Bank Indonesia ingin memastikan harga-harga tetap terkendali menjelang Ramadan. Kendati ada kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan, tapi sifatnya tidak seterusnya.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan yang kurang dari dua pekan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta, Onny Widjanarko, meninjau komoditas pangan di sejumlah pasar di Jakarta.

Bank Indonesia ingin memastikan harga-harga tetap terkendali menjelang Ramadan. Kendati ada kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan, tapi sifatnya tidak seterusnya.

"Sebetulnya (harga) saat bulan puasa itu seasonal (musiman) sifatnya. Jadi, hanya sementara (kenaikannya). Tapi, tetap harga-harga mesti dikendalikan dan dipantau," ujar Onny ditemui di Pasar Senen Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Selain Pasar Senen, Onny mengaku juga sudah berkunjung ke Pasar Sumur Batu. Dia memastikan, komoditas pangan seperti daging sapi, daging ayam, bawang merah, cabai rawit, beras dan minyak goreng adalah yang paling dibutuhkan selama Ramadan hingga hari raya agar tidak terjadi kelangkaan.

"Komoditas pangan yang paling dibutuhkan harus terus dipantau selama Ramadan, tapi tadi tadi kita lihat dan harga terlihat juga masih cukup stabil," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Suplai

Onny pun meminta agar tim pemantau inflasi daerah (TPID) khususnya di Jakarta bisa waspada agar tidak ada lonjakan signifikan yang terjadi terhadap komodistas pangan selama bulan Ramadan.

"Jika pasokan cukup itu berarti ketersediaan untuk masyarakat tercukupi, sehingga harganya relatif stabil, jadi suplai harus dijaga agar transmisinya ke harga tidak terlalu signifikan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.