Pasca Tak Berstatus Ibu Kota, Pemprov DKI Siapkan Landasan Hukum Untuk Payungi Jakarta

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 23 Mar 2022, 18:16 WIB
Diperbarui 23 Mar 2022, 18:16 WIB
Wagub DKI Jakarta
Perbesar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria, mengatakan, Jakarta akan terus eksis sebagai kota termaju di Indonesia meski tidak lagi berstatus sebagai ibu kota. Menurut Riza, hal itu akan dibuktikan dengan hadirnya infrastruktur berkelas dunia dan sumber daya manusianya yang semakin maju.

"Yang jelas dengan berbagai keunggulan kota Jakarta terutama dari sisi infrastruktur sumber daya manusia, kita yakin bahwa Jakarta akan tetap eksis sebagai kota termaju di Indonesia," kata Ahmad Riza Patria saat seminar daring bertemakan Masa Depan Jakarta Pasca UU IKN yang dihelat oleh GMPI Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Riza menambahkan, pihaknya kini tengah menyusun landasan hukum yang akan memayungi Jakarta sebagai kota khusus di Indonesia. Riza menyatakan, hal ini diperlukan untuk menentukan hal-hal apa saja yang akan ada di Jakarta pasca sudah tidak menjadi Ibukota.

"Kami dari Pemprov DKI Jakarta bersama para pakar dan berbagai elemen lainnya saat ini juga sedang menyusun konsep naskah akademik RUU tentang kekhususan Jakarta sebagai payung hukum yang mengakomodir kepentingan Jakarta untuk menjadi kota yang lebih baik pasca tidak lagi menjadi ibu kota negara," jelas Riza.


Tugas Pemprov

Riza meyakini, adalah tugas Pemprov DKI saat ini dan selanjutnya untuk merawat Jakarta untuk tetap menjadi kota yang terdepan di Indonesia.

"Ini adalah impian provinsi DKI Jakarta dan warga Jakarta, Jakarta pasca pemindahan ibu kota harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjadi kota yang lebih maju lagi," Riza menutup.


Infografis

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya