Sukses

Kawal Pandemi Menuju Endemi, Kepala BIN: Kebiasaan Baru Demi Hidup Baru

Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan, saat ini Indonesia tengah memasuki masa prakondisi menuju transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan, saat ini Indonesia tengah memasuki masa prakondisi menuju transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi. 

"Agar proses prakondisi ini berlangsung aman, semua tahap pelonggaran harus kita dilakukan secara terukur, science-based, dan selalu disertai disiplin mitigasi," Kepala BIN ujar Budi Gunawan, dalam keterangannya, Rabu (23/3/2022).

Mitigasi yang dimaksud, lanjut Budi Gunawan, harus dimulai dari hulu dan melibatkan semua elemen bangsa yaitu meningkatkan capaian vaksinasi dosis ke-2 dan booster secara merata ke semua wilayah, mengakselerasikan screening, testing, dan tracing.

Kemudian mendisiplinkan kebiasaan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hingga memastikan ruang-ruang publik berventilasi atau memiliki filter udara yang baik di perkantoran, gedung pertemuan, rumah ibadah, mal, dan pasar.

"Sementara di hilir akan dilakukan peningkatan kapasitas rumah sakit, perbanyakan tenaga kesehatan, serta pengamanan ketersediaan obat-obatan," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Bisa Dihindari

Pria yang kerap disapa BG ini menyatakan, era endemi dan kebiasaan baru merupakan keniscayaan yang tak bisa dihindari.

"Ada keniscayaan semua elemen bangsa mengadopsi kebiasaan baru demi hidup baru; hidup berdampingan dengan virus Corona. Semua harus membiasakan diri dengan kebiasaan mitigasi tadi. Sebagian bahkan harus menjadi etika sosial," kata dia.

"Misalnya menggunakan masker, harus dipandang sebagai wujud tanggung jawab dan tenggang rasa; karena melindungi orang lain dari virus yang mungkin kita bawa," tandas Budi Gunawan.

3 dari 3 halaman

Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.