Sukses

Soal Wacana Penundaan Pemilu, Komisioner KPU Terpilih: Kami Patuhi Konstitusi

Para komisioner terpilih telah beberapa kali diundang rapat bersama dengan komisioner KPU saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Wacana penundaan Pemilu 2024 masih terus bergulir. Menanggapi hal itu, anggota KPU terpilih periode 2022-2027 Betty Epsilon Idroos menegaskan bahwa dirinya akan patuh dan tunduk pada konstitusi, serta aturan yang telah disepakati.

"Kami (Anggota KPU yang baru terpilih) memiliki ruang komunikasi sendiri, kamiber-7 berkomitmen sepanjang ketentuan UU masih berlaku dan keputusan politik juga sudah diambil DPR dalam hal ini komisi 2, KPU, dan pemerintah bahwa hari pemungutan suara 14 Februari 2024," tegas Betty saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Betty menyatakan, sudah berkordinasi dengan para komisioner KPU di periode sebelumnya sebelum dilakukan estafet kepemimpinan. Dirinya, bersama komisioner yang baru terpilih sudah beberapa kali diundang rapat bersama untuk mengetahui hal apa saja yang kurang dan perlu perbaikan di periode selanjutnya.

"Kami (anggota KPU yang sudah terpilih) sudah diundang KPU yang sekarang untuk transfer knowledge jadi ini yang dibahas dan sudah di-design untuk 2024 jadi tinggal dilanjutkan," jelas Betty.

Betty merinci, pembahasan yang sering dirapatkan seperti Peraturan KPU terkait tahapan, program dan kegiatannya yang ada dan sudah berjalan. Selain itu, ada juga pembahasan terkait Peraturan KPU soal verifikasi parpol pemilu.

"Jadi apa saja yang akan diteruskan kami dan apa saja masukannya untuk perbaikan," urai Betty.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Kabar Pelantikan

Terkait tanggal pelantikan, Betty mengaku belum tahu sebab hingga hari ini undangan belum diterima.

Namun berkaca dari pengalaman sebelumnya hal itu bisa saja terjadi setelah akhir masa jabatan atau berbarengan dengan hari akhir masa jabatan periode komisiner 2017-2022, 11 April 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.