Sukses

Deretan Kabar Bahagia dari Ketua MK Anwar Usman dan Adik Jokowi, Idayati

Lantas, kapan tepatnya momen perkenalan Anwar dengan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati bisa terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Bahagia datang dari keluarga besar Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Idayati, adik kandung Presiden belum lama telah dilamar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Sabtu 12 Maret 2022 lalu.

Belakangan kabar tersebut telah dibenarkan oleh putra sulung Jokowi sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Lantas, kapan tepatnya momen perkenalan Anwar dengan adik kandung Presiden Jokowi bisa terjadi? Menurut Idayati, semua berawal dari teman. 

"Bulan Oktober dikenalin teman," katanya dikutip Antara. 

Ada pun terkait rencana pernikahan, bulan Mei dipilih sebagai hari bahagia bagi kedua calon mempelai, Ketua MK Anwar Usman dan adik kandung Jokowi, Idayati.

Berikut deretan kabar bahagia dari Anwar Usman dan Idayati adik Jokowi:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prosesi Lamaran di Solo

Munculnya kabar tentang prosesi lamaran antara Ketua MK dengan Idayati dibenarkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga putra sulung Presiden Jokowi.

Prosesi lamaran dilakukan saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solo selama dua hari yakni 11-12 Maret lalu.

Hanya saja saat acara prosesi lamaran itu, Gibran tidak bisa hadir dan menyaksikan prosesi, lantaran masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung.

"Lha kemarin saja masih lemes banget. Kemarin aja keluar ketemu GPK saja masih lemes," ucapnya.

3 dari 6 halaman

2. Menikah Bulan Mei

Setelah prosesi lamaran, Gibran mengungkapkan proses pernikahan antara Ketua MK dengan Idayati akan berlangsung pada bulan Mei mendatang. Hanya saja ketika disinggung mengenai tanggal pernikahannya, ia mengaku tidak tahu.

“Nek tanggale aku ra ngerti (kalau tanggalnya saya tidak tahu). Tanya ke yang bersangkutan ya Bu Ida. Saya juga tidak tahu acaranya di Solo apa di Jakarta,” kata dia.

4 dari 6 halaman

3. Keduanya Berstatus Duda dan Janda

Latar belakang kehidupan pribadi Anwar menjadi tanda tanya publik tentang status dirinya. Dari sejumlah sumber, Anwar saat ini berstatus duda yang memiliki tiga anak, mereka adalah Sheila Anwar, Khairil Anwar, dan Kurniati Anwar.

Namun, ibu dari ketiga anak tersebut atau istri dari Anwar diketahui sudah meninggal dunia pada 26 Februari 2021.

Almarhumah bernama Ibu Suhada. Almarhumah dikembumikan di TPU Sela Pajang Jaya, Tangerang.

Sementara itu, Idayanti sendiri juga merupakan janda yang ditinggal meninggal dunia oleh suaminya bernama Hari Mulyono. Hari meninggal dunia usai menjalani perawatan di rumah sakit, Senin , 24 September 2018.

5 dari 6 halaman

4. Mendapat Dukungan dari Keluarga

Sebagai seorang duda beranak tiga, Anwar Usman dikenal sebagai seorang pemimpin yang sangat menyayangi keluarganya. 

Kepribadian Anwar tersebut dituangkan dalam situs resmi MK, kala memuat profil. Menurut Anwar, keluarga adalah sebagai penopang kariernya yang utama.

"Dukungan dari sang istri dan ketiga buah hatinya mampu membuatnya bertahan hingga puncak kariernya sebagai hakim konstitusi," tulis situs resmi MK, seperti dikutip Liputan6.com, Senin, 21 Maret kemarin.

Selain itu, Anwar juga menyatakan, bahwa keluarga bagi dirinya adalah segala-galanya. Dia pun bersyukur, keluarga tidak pernah mencampuri urusan pekerjaannya sebagai pengawal konstitusi.

"“Keluarga adalah segala-galanya. Alhamdulillah, sejak awal, istri dan anak saya tercinta mengerti dan memahami untuk tidak mencampuri urusan pekerjaan kantor, tanpa saya minta. Mereka pun tetap mendukung saya," tandas ayah dari Kurniati Anwar, Kahiril Anwar, dan Sheila Anwar ini.

6 dari 6 halaman

5. Tanggal Pernikahan 26 Mei di Solo

Melalui pesan pendeknya di Solo, Senin, wanita yang akrab disapa Ida tersebut mengatakan untuk pernikahan akan diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2022 di Solo. 

Terkait perkenalan awal dengan Anwar, adik Jokowi mengatakan pertama kali dikenalkan oleh seorang kawan. 

Ia mengaku senang atas lamaran yang dilakukan oleh Anwar. "Senang aja," kata Idayati. 

Mengenai aktivitas sehari-hari, Ida yang saat ini berusia 55 tahun mengaku hanya menjalani kegiatan sebagai ibu rumah tangga biasa. "Sebagai ibu rumah tangga, dulu suami yang kerja," katanya.

Sebelumnya, santer beredar kabar kepulangan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu salah satunya karena menerima lamaran dari Ketua MK ke salah satu adiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.