Deretan Kabar Bahagia dari Ketua MK Anwar Usman dan Adik Jokowi, Idayati

Oleh Maria Flora pada 22 Mar 2022, 13:43 WIB
Diperbarui 22 Mar 2022, 13:45 WIB
20160407-Anwar-Usman-Jadi-Hakim-Konstitusi-Jakarta-FF
Perbesar
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman sebelum pengucapan sumpah sebagai Hakim Konstitusi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Bahagia datang dari keluarga besar Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Idayati, adik kandung Presiden belum lama telah dilamar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Sabtu 12 Maret 2022 lalu.

Belakangan kabar tersebut telah dibenarkan oleh putra sulung Jokowi sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Lantas, kapan tepatnya momen perkenalan Anwar dengan adik kandung Presiden Jokowi bisa terjadi? Menurut Idayati, semua berawal dari teman. 

"Bulan Oktober dikenalin teman," katanya dikutip Antara. 

Ada pun terkait rencana pernikahan, bulan Mei dipilih sebagai hari bahagia bagi kedua calon mempelai, Ketua MK Anwar Usman dan adik kandung Jokowi, Idayati.

Berikut deretan kabar bahagia dari Anwar Usman dan Idayati adik Jokowi:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Prosesi Lamaran di Solo

Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum
Perbesar
Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman (tengah) memimpin sidang pendahuluan sengketa hasil Pemilu Legislatif 2019 di gedung MK, Jakarta, Rabu (10/7/2019). (Liputan6/Johan Tallo)

Munculnya kabar tentang prosesi lamaran antara Ketua MK dengan Idayati dibenarkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga putra sulung Presiden Jokowi.

Prosesi lamaran dilakukan saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solo selama dua hari yakni 11-12 Maret lalu.

Hanya saja saat acara prosesi lamaran itu, Gibran tidak bisa hadir dan menyaksikan prosesi, lantaran masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung.

"Lha kemarin saja masih lemes banget. Kemarin aja keluar ketemu GPK saja masih lemes," ucapnya.


2. Menikah Bulan Mei

Sidang Sengketa Pilpres
Perbesar
Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman memimpin sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (14/6/2019) (Lputan6.com/Johan Tallo)

Setelah prosesi lamaran, Gibran mengungkapkan proses pernikahan antara Ketua MK dengan Idayati akan berlangsung pada bulan Mei mendatang. Hanya saja ketika disinggung mengenai tanggal pernikahannya, ia mengaku tidak tahu.

“Nek tanggale aku ra ngerti (kalau tanggalnya saya tidak tahu). Tanya ke yang bersangkutan ya Bu Ida. Saya juga tidak tahu acaranya di Solo apa di Jakarta,” kata dia.


3. Keduanya Berstatus Duda dan Janda

MK Gelar Sidang Perdana Uji Materi UU KPK
Perbesar
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman memimpin sidang uji materi UU KPK di Gedung MK, Jakarta, Senin (30/9/2019) (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Latar belakang kehidupan pribadi Anwar menjadi tanda tanya publik tentang status dirinya. Dari sejumlah sumber, Anwar saat ini berstatus duda yang memiliki tiga anak, mereka adalah Sheila Anwar, Khairil Anwar, dan Kurniati Anwar.

Namun, ibu dari ketiga anak tersebut atau istri dari Anwar diketahui sudah meninggal dunia pada 26 Februari 2021.

Almarhumah bernama Ibu Suhada. Almarhumah dikembumikan di TPU Sela Pajang Jaya, Tangerang.

Sementara itu, Idayanti sendiri juga merupakan janda yang ditinggal meninggal dunia oleh suaminya bernama Hari Mulyono. Hari meninggal dunia usai menjalani perawatan di rumah sakit, Senin , 24 September 2018.


4. Mendapat Dukungan dari Keluarga

Pisah Sambut Hakim MK
Perbesar
Ketua MK Anwar Usman memberikan sambutan saat acara Pisah Sambut Hakim MK di Gedung MK, Jakarta, Selasa (7/1/2020) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebagai seorang duda beranak tiga, Anwar Usman dikenal sebagai seorang pemimpin yang sangat menyayangi keluarganya. 

Kepribadian Anwar tersebut dituangkan dalam situs resmi MK, kala memuat profil. Menurut Anwar, keluarga adalah sebagai penopang kariernya yang utama.

"Dukungan dari sang istri dan ketiga buah hatinya mampu membuatnya bertahan hingga puncak kariernya sebagai hakim konstitusi," tulis situs resmi MK, seperti dikutip Liputan6.com, Senin, 21 Maret kemarin.

Selain itu, Anwar juga menyatakan, bahwa keluarga bagi dirinya adalah segala-galanya. Dia pun bersyukur, keluarga tidak pernah mencampuri urusan pekerjaannya sebagai pengawal konstitusi.

"“Keluarga adalah segala-galanya. Alhamdulillah, sejak awal, istri dan anak saya tercinta mengerti dan memahami untuk tidak mencampuri urusan pekerjaan kantor, tanpa saya minta. Mereka pun tetap mendukung saya," tandas ayah dari Kurniati Anwar, Kahiril Anwar, dan Sheila Anwar ini.


5. Tanggal Pernikahan 26 Mei di Solo

MK Gelar Sidang Perdana Uji Materi UU KPK
Perbesar
Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (tengah) memimpin sidang uji materi UU KPK di Gedung MK, Jakarta, Senin (30/9/2019)(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melalui pesan pendeknya di Solo, Senin, wanita yang akrab disapa Ida tersebut mengatakan untuk pernikahan akan diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2022 di Solo. 

Terkait perkenalan awal dengan Anwar, adik Jokowi mengatakan pertama kali dikenalkan oleh seorang kawan. 

Ia mengaku senang atas lamaran yang dilakukan oleh Anwar. "Senang aja," kata Idayati. 

Mengenai aktivitas sehari-hari, Ida yang saat ini berusia 55 tahun mengaku hanya menjalani kegiatan sebagai ibu rumah tangga biasa. "Sebagai ibu rumah tangga, dulu suami yang kerja," katanya.

Sebelumnya, santer beredar kabar kepulangan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu salah satunya karena menerima lamaran dari Ketua MK ke salah satu adiknya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya