Sukses

Bareskrim Akan Periksa Rizky Billar Terkait Kasus Doni Salmanan Hari Ini

Pemeriksaan terhadap Rizky Billar terkait kasus Doni Salmanan diagendakan pukul 10.00 WIB. Namun, penyidik menunggu kedatangan aktor itu hingga sore hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri akan melakukan pemeriksaan terhadap publik figur Rizky Billar. Ia diperiksa terkait kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat platform Quotex dengan tersangka Doni Salmanan.

"Iya hari ini Rizky Billar agendanya diperiksa," kata Kasubdit I Dit Tipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol saat dikonfirmasi, Selasa (22/3/2022).

Pemeriksaan terhadap Rizky Billar diagendakan pukul 10.00 WIB. Namun, penyidik menunggu kedatangan aktor itu hingga sore hari ini.

Reinhard menerangkan, penyidik hendak mendalami asal-usul hadiah pernikahan berupa uang yang diberikan oleh Doni Salmanan kepada Rizky Billar di hari pernikahannya dengan Lesti Kejora.

"Ya (kaitannya soal itu)," ujar dia.

Rizky dan Lesti Kejora (istri) telah menerima amplop yang berisi uang tunai dari Doni saat pernikahan keduanya.

Melalui unggahan di Instagram, Rizky Billar mengungkapkan bahwa dirinya sudah menerima surat panggilan polisi. "Saya dan Istri telah menerima surat panggilan dari bareskrim terkait penyelidikan kasus mas DS yang mana beliau sempat memberikan kami amplop sebagai hadiah pernikahan senilai 20 juta rupiah," tulis Rizky Billar pada Jumat (18/3/2022).

Melalui unggahan tersebut pula, Rizky Billar menyatakan bahwa ia dan sang istri siap memenuhi panggilan dari kepolisian dan memberikan keterangannya. Dia juga memastikan bahwa mereka siap mengembalikan uang dari Doni Salamanan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Periksa Sejumlah Publik Figur

Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah publik figur atau artis terkait perkara Doni Salmanan, seperti Rizky Febian, Arief Muhammad, Reza Arap hingga Atta Halilintar.

Mereka yang dipanggil tersebut diduga telah menerima sejumlah uang atau barang dari Doni Salmanan yang kini telah mendekam di balik jeruji besi.

Rizky Febian pernah mendapatkan uang sebesar Rp400 jura dari Doni yang telah membeli minuman racikannya. Lalu, Reza Arap pernah dikirimkan donasi oleh Donis sebanyak Rp1 miliar saat sedang live streaming.

Selanjutnya, Doni pernah memberi hadiah kepada Atta Halilintar berupa tas mewah merek Dior. Tas itu pun langsung diserahkan kepada penyidik saat menjalani pemeriksaan pada Kamis 17 Maret 2022 di Bareskrim Polri.

Berikutnya, Arief Muhammad yang menjual mobil merek Porsche kepada Doni Salmanan seharga Rp4 miliar. Harga itu diduga lebih mahal dijualnya ke Doni dibandingkan dengan harga pasaran saat Doni membeli mobilnya yang kini sudah disita polisi.

3 dari 3 halaman

Polisi Sebut Doni Salmanan Ingin Dicap Dermawan dengan Bagi-Bagi Duit ke Selebritas

Bareskrim Polri terus mendalami kasus affiliatot quotex yang menjerat Doni Salmanan. Polisi mengungkap alasan Doni rajin 'nyawer' cuma-cuma ke sejumlah selebritas.

"Ingin jadi terkenal (seolah) dermawan, muda dan kaya," kata Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol saat dihubungi awak media, Jumat (17/3/2022).

Usai dikenal publik, lanjut Reinhard, popularitas Doni tentunya terdongkrak. Doni pun semakin dipercaya publik, kekayaannya seolah hasil nyata dari cara yang benar.

Padahal, jumlah saweran yang diberikan terkadang bernilai fantastis. Contohnya, seperti yang diberikannya kepada Reza Arap. Doni dengan mudah menggelontorkan total Rp 1 miliar hanya dalam waktu satu jam, sebagai donasi ke Reza yang tengah bermain game streaming.

"Memang itu tujuannya, menggunakan uang (diduga dari) hasil kejahatan (untuk dibagikan)," jelas Reinhard.

Oleh karena itu, Polri kini memerlukan keterangan para publik figur tersebut untuk bersaksi bahwa mereka tidak tahu menahu soal uang panas sang Crazy Rich. Polri berharap mereka yang diduga menerima aliran dana itu bisa bertindak kooperatif.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.