Sukses

Infografis Mungkinkah Indonesia Endemi Covid-19 3 Bulan Lagi?

Dalam fase dari pandemi menuju endemi Covid-19, masyarakat diminta bersabar. Sebab, menurut Satgas Covid-19 IDI, ada sejumlah indikator yang harus terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia atau IDI mengharapkan fase endemi paling cepat tiga bulan lagi. Namun, dalam fase dari pandemi menuju endemi Covid-19, masyarakat diminta bersabar karena ada sejumlah indikator yang harus terpenuhi.

Menurut Zubairi Djoerban selaku Ketua Satgas Covid-19 IDI, pun mengemukakan sejumlah syarat agar Indonesia dapat memasuki endemi. Mulai dari target cakupan vaksinasi terutama untuk lanjut usia atau lansia, hingga masa transisi endemi tetap disiplin protokol kesehatan terutama memakai masker.

Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin pun menanggapi pernyataan Satgas Covid-19 IDI. Menurut Menkes, penetapan endemi Covid-19 tetap harus melalui sejumlah pertimbangan.

Artinya, Menkes Budi menjelaskan, pertimbangan yang harus dipenuhi dari pandemi Covid-19 menuju endemi bukan hanya dari sisi kesehatan. Namun, juga pertimbangan lainnya seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Apa saja yang menjadi pertimbangan dan kesiapan Indonesia menuju endemi Covid-19? Bagaimana pula ragam tanggapannya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Mungkinkah Indonesia Endemi Covid-19 3 Bulan Lagi?

3 dari 4 halaman

Infografis Pertimbangan dan Kesiapan Indonesia Masuki Endemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Indonesia Menuju Endemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.