Sukses

Tangkap Komplotan Curanmor, Polisi Sita 19 Unit Sepeda Motor

Sebanyak 19 unit sepeda motor disita Satreskrim Polres Tangerang Selatan dari kawanan pencuri. Ada enam orang yang ditangkap.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 19 unit sepeda motor disita Satreskrim Polres Tangerang Selatan dari kawanan pencuri. Ada enam orang yang ditangkap.

Mereka adalah AP alias A (26), MN (30), DS (26), V (27), S alias T (49), dan S alias H (32).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, menerangkan, kasus ini diusut setelah menerima laporan dari seorang warga bernama Nurul Fitriyanti. Dia membuat laporan ke Polres Tangsel pada Senin 7 Maret 2022.

Berdasarkan hasil penyelidikan, diringkus seorang pelaku inisial AP di Pandeglang, Banten pada Rabu (16/3/2022). Penangkapan itu berkembang ke lima pelaku lain.

"AP perannya adalah sebagai pemetik. Kedua MN perannya joki, DS penadah, V alias H penadah, S alias T penadah, S alias H penadah," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Senin (21/3/2022).

Zulpan menerangkan, modus pelaku sama seperti komplotan curanmor lainnya. Biasanya, mengincar sepeda motor yang terpakir tanpa pengawasan. Dia kemudian mengambil alih dengan memakai kunci leter T.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temukan 19 Unit Motor

Zulpan menyamapikan, penyidik menemukan 19 unit sepeda motor saat menangkap komplotan pelaku. Terkait hal ini, Zulpan mengimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan untuk mendatangi Polres Tangsel.

"Siapa tahu itu kendaraan masyarakat dan sepanjang memiliki bukti kepemilikan nanti akan dikembalikan," ujar dia.

Atas perbuatannya, para pelaku pencurian sepeda motor dijerat Pasal 363 KUHP. Sementara penadah dipersangkan Pasal 480 KUHP.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.