Status Keanggotaan 2 Polisi Kasus Unlawful Killing Tunggu Putusan Inkrah

Oleh Ady Anugrahadi pada 21 Mar 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 21 Mar 2022, 17:05 WIB
Dua terdakwa kasus Unlawful Killing Laskar Front Pembela Islam (FPI) menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021).
Perbesar
Dua terdakwa kasus Unlawful Killing Laskar Front Pembela Islam (FPI) menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021) (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ipda M Yusmin Ohorella dan Briptu Fikri Ramadhan akan kembali menjalani aktivitas sebagai anggota Polri menyusul putusan lepas yang dikeluarkan oleh Majelis Hakim PN Jaksel terkait kasus unlawful killing atas enam Laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, menyampaikan, pihaknya dalam hal ini menunggu keputusan yang berkekuatan hukum tetap.

"Karena di dalam putusan itu tidak dipersalahkan, kita akan mengembalikan, tapi kita juga menghormati putusan majelis hakim dan mekanisme hukum yang berlaku," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Senin (21/3/2022).

Zulpan menyampaikan, dalam putusannya hakim menyatakan terdakwa tidak dapat dijatuhi pidana karena adanya alasan pembenar dan alasan pemaaf sehingga dilepaskan dari segala tuntutan hukum.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hormati Hasil Sidang

Zulpan mengatakan, Polda Metro Jaya menghormati hasil sidang pengadilan dan majelis hakim yang telah dilakukan secara terbuka dan transparan. Kendati, Polda Metro Jaya menunggu sikap JPU yang pada persidangan menjawab pikir-pikir untuk melakukan kasasi.

"Tentunya nanti jawaban JPU sangat berpengaruh pada keanggotaan Polda Metro khususnya untuk penempatan perdinasan untuk mereka berdua," ujar dia.

"Tentunya akan kita berikan hak-hak yang dimiliki kedua anggota sesuai putusan pengadilan di mana mengembalikan hak mereka," dia menambahkan.

 

 


Infografis

Infografis Pencopotan Baliho Rizieq Shihab dan Wacana Pembubaran FPI. (Ilustrasi/Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Pencopotan Baliho Rizieq Shihab dan Wacana Pembubaran FPI. (Ilustrasi/Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya