Sukses

Bagikan Ribuan Paket Prokes di MotoGP Mandalika, BNPB Ingin Tetap Cegah Penyebaran Covid-19

Abdul Muhari menerangkan, paket prokes ini dibagikan secara gratis di area Pertamina Mandalika International Street Circuit meliputi Gate 1, 2 dan 3.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membagikan 9.000 paket protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19 di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Diketahui, bahwa saat ini telah berlangsung perhelatan MotoGP.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menerangkan, paket prokes ini dibagikan secara gratis di area Pertamina Mandalika International Street Circuit meliputi Gate 1, 2 dan 3.

"Masing-masing berisi satu hand-sanitizer, dua lembar masker kain dan empat lembar masker medis," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

Beben, salah satu penonton asal Bandung turut mengapresiasi dukungan BNPB dalam penguatan prokes di area penyelenggaraan MotoGP.

"Bantuan prokes ini sangat membantu untuk mencegah potensi penularan Covid-19 serta debu-debu yang sekiranya ada di sekitar arena," kata Beben.

Hal senada juga diungkapkan Sandi, salah satu penonton asal Lampung turut menyampaikan apresiasinya atas bantuan paket prokes yang diberikan kepada keluarganya.

"Terima kasih rekan-rekan BNPB, pelaksanaan protokol kesehatannya, mantap," ujar Sandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membaik

Sementara itu, menurut Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial-Ekonomi Sumber Daya Alam BNPB Andi Eviana, kesadaran para penonton terhadap prokes sudah sangat baik.

"Kesadaran para penonton yang ada di setiap gate sudah sangat baik, ketika mereka menggunakan masker dalam keadaan longgar saat kami ingatkan, mereka langsung patuh," tutur Evi.

Evi juga berharap bahwa melalui pembagian paket prokes ini, masyarakat yang menonton MotoGP dapat pulang kembali ke rumah masing-masing dengan sehat.

"Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat, para penonton dan kita semua dapat kembali ke wilayah masing-masing dalam keadaan sehat," ungkapnya.

Secara keseluruhan, BNPB telah melakukan pembagian 300.000 lembar masker dan 25.000 hand-sanitizer yang telah disebarkan secara gratis ke beberapa wilayah Lombok. Pembagian masker ini merupakan bentuk nyata kerja sama antar pihak dalam melakukan penguatan protokol kesehatan yang terdiri dari Pemerintah Lombok Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, duta perubahan perilaku serta TNI dan Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.