Sukses

Moedoko ke Pelaku UMKM: Jangan Berpikir Flat, Nanti Ketinggalan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membuat lompatan dan melakukan inovasi agar tertinggal di tengah ketidakpastian dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membuat lompatan dan melakukan inovasi agar tertinggal di tengah ketidakpastian dunia. Menurut dia, hal ini dibutuhkan agar bisa berkompetisi di pasar global.

"Jangan berpikir flat (datar) nanti ketinggalan. Pandemi Covid-19 sudah memberikan pelajaran bagi kita untuk melakukan inovasi dan tidak hanya mengandalkan pada satu komoditi saja," tegas Moeldoko saat bertemu pelaku UMKM Bali di Gianyar, Sabtu (19/3/2022).

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Bali, Moeldoko mengungkapkan sebanyak 87,5 persen UMKM di Bali terdampak krisis akibat pandemi Covid-19. Hanya 12,5 persen UMKM saja yang mampu bertahan dan beradaptasi, bahkan berkembang.

"UMKM yang bertahan di masa pandemi, karena menggunakan pemasaran secara digital dan melakukan penambahan produk. Ini yang saya maksud dengan melakukan lompatan," ujarnya.

Dia menyampaikan pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk pemberdayaan UMKM. Salah satunya, mendorong ekosistem digital guna meningkatkan akses pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Harga Barang dan Logistik

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga membeberkan kondisi ekonomi global. Dia mengatakan saat ini terjadi kenaikan harga barang dan biaya logistik akibat kelangkaan kontainer dan space untuk shipment.

Kendati begitu, Moeldoko memastikan pemerintah tidak tinggal diam menghadapi kondisi ini. Dia menuturkan Kantor Staf Presiden sudah mengumpulkan kementerian/lembaga dan seluruh pihak terkait untuk menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

"Kami sudah rapat, untuk kontainer masih bisa ditangani. Tapi untuk shipment-nya sulit karena memang berkaitan dengan kebijakan berbagai negara. Situasi ini tidak gampang. Mohon dipahami. Sebab ini berkaitan dengan kondisi global," ucap Moeldoko.

"Saya harap teman-teman UMKM di sini (Bali) jangan putus semangatnya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM