Sukses

Kemnaker Tawarkan Pendekatan Pelatihan Vokasi Berbasis Komunitas pada G20

Solusi yang ditawarkan Presidensi diharapkan menjadi solusi strategis untuk memulihkan perekonomian dan bangkit dengan cepat dari krisis.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan terus mendorong peran G20 untuk memperbarui strategi keterampilan G20 sebagai upaya menyediakan tenaga kerja terampil melalui pendekatan human-centered yang efektif dengan mendorong keterlibatan masyarakat, khususnya menjawab tantangan dunia kerja akibat adanya disrupsi digital dan pandemi COVID-19. Pendekatan yang dilakukan melalui pelatihan vokasi berbasis komunitas masyarakat.

"Ini merupakan pendekatan baru yang ditawarkan dalam G20, untuk merespon dinamika kondisi ketenagakerjaan saat ini di negara-negara G20 dan ekonomi global," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, ketika menjadi pembicara pada Webinar First EdWG Meeting yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kamis (17/3/2022).

Anwar Sanusi mengatakan, pelatihan kejuruan berbasis masyarakat, dapat memperkuat akses dan kualitas pelatihan kerja dan kewirausahaan, terutama untuk kelompok rentan, kelompok kurang beruntung dan kelompok NEET (Tidak dalam Pendidikan, Pekerjaan, atau Pelatihan), terutama di daerah terpencil dan pedesaan.

"Solusi yang ditawarkan Presidensi diharapkan menjadi solusi strategis untuk memulihkan perekonomian dan bangkit dengan cepat dari krisis," ujar Anwar Sanusi.

Di sisi lain, lanjut Anwar Sanusi, dengan pendekatan pelatihan kejuruan berbasis masyarakat dapat memperkuat hubungan bisnis baik kelompok usaha besar maupun kecil, termasuk kelompok usaha informal di tingkat lokal dan regional.

"Peningkatan jaringan kelompok pekerja, di tingkat lokal maupun regional, merupakan upaya mendukung pembelajaran dan pekerjaan yang berkualitas,"katanya.

Anwar Sanusi mengharapkan, perlunya kerja sama untuk terus meningkatkan sinergi seluruh pemerintah nasional, otoritas G20, komunitas sosial, serta organisasi regional dan internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.