Sukses

Jam Terbang di Militer Jadi Modal Moeldoko Masuk Bursa Capres

Moeldoko pernah menjabat sebagai Panglima TNI di era kepemimpinan Presiden SBY. Pria 64 tahun itu juga dipercaya sebagai KSP pada periode pertama dan kedua Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lembaga Riset dan Penelitian Indonesia (Rispenindo), George Kuahaty, menilai Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko layak diperhitungkan dalam bursa capres 2024.

Moeldoko pernah menjabat sebagai Panglima TNI di era kepemimpinan Presiden SBY. Pria 64 tahun itu juga dipercaya sebagai KSP pada periode pertama Presiden Jokowi, dan kembali ditunjuk pada periode kedua.

“Sebagai mantan militer, memberikan keuntungan tersendiri bagi Moeldoko,” kata George dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei yang mengungkapkan sejumlah tokoh yang dinilai publik memiliki kemampuan meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

LSN menemukan fenomena menarik yaitu ditemukannya fakta di lapangan bahwa KSP Moeldoko mulai kokoh di 10 besar elektabilitas capres 2024.

Menurut George, dari hasil survei LSN, elektabilitas Moeldoko merupakan murni karena hasil dari kemampuan, prestasi dan pengalaman dalam mengelola pemerintahan, tanpa pengaruh atau naungan sosoknya di partai politik.

"Fenomena masuknya nama Moeldoko, adalah gambaran elektabilitasnya masih konsisten," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyampai Pesan Pemerintah

George menilai, naiknya valuasi politik Moeldoko tidak lepas dari fungsinya juga sebagai watchdog program-program pemerintahan Jokowi. Moeldoko dinilai selalu tepat dalam memposisikan diri sebagai penyampai pesan pemerintah.

Nama Moeldoko juga sebenarnya sempat masuk bursa sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi) pada pemilu 2019 lalu dengan istilah 3M (Mahfud MD, Moeldoko dan Ma’ruf Amin).

"Moeldoko masih menjadi tokoh yang layak diperhitungkan pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang," ucap George.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko