Sukses

Moeldoko: Pemindahan Ibu Kota Negara Butuh Dukungan, Bukan Perdebatan

Moeldoko menjelaskan keputusan pemindahan IKN Nusantara sudah melalui proses panjang hingga akhirnya muncul Undang-Undang dan pembentukan Badan Otorita IKN sebagai pelaksananya.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah final dan tidak perlu lagi diperdebatkan. Menurut dia, seharusnya semua pihak mendukung pemindahan IKN ke Kalimantan Timur demi kemajuan Indonesia.

"Pembangunan IKN perlu dukungan, bukan perdebatan. Ini persoalan membangun kota dunia demi Indonesia Maju," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Kamis (17/3/2022).

Dia menekankan bahwa pemindahan ibu kota negara sudah menjadi keputusan bersama antara pemerintah dan DPR, yang diwujudkan dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN. Sehingga, pemindahan IKN tak diperdebatkan lagi.

"Pemindahan IKN sudah final. Mari kita kesampingkan perbedaan untuk mewujudkan cita-cita besar ini," ujar dia.

Moeldoko menjelaskan keputusan pemindahan IKN Nusantara sudah melalui proses panjang hingga akhirnya muncul Undang-Undang dan pembentukan Badan Otorita IKN sebagai pelaksananya.

Berbagai aturan turunan pun disiapkan sebagai landasan hukum dan acuan dalam implementasi di lapangan.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan agar Otorita IKN bisa bekerja dengan tenang dan penuh konsentrasi di tengah-tengah himpitan waktu yang terus berjalan," jelas Moeldoko.

Dia mengatakan pemindahan IKN dilakukan untuk mengakhiri persoalan ketimpangan antara Pulau Jawa dan luar Jawa yang telah berlangsung berpuluh-puluh tahun. Moeldoko menyebut pemindahan IKN juga menjadi jawaban atas tantangan masa depan.

"Terutama menghadapi ancaman pemanasan global yang berdampak serius bagi lingkungan dan kondisi sosial," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Pemanasan Global

Mantan Panglima TNI itu mengungkapkan dampak pemanasan global sudah terjadi, salah satunya munculnya fenomena kenaikan permukaan laut dan kegagalan panen. Dia pun meyakini ini momen yang tepat bagi Indonesia untuk berbenah, yakni dengan pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

"Ibu Kota Nusantara dengan konsep smart forest city perlu kita wujudkan agar dapat menjadi showcase untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita telah siap berubah," tutur Moeldoko.

"Sekali lagi, mari kita berpikir tentang masa depan. Jangan sampai kita mewariskan Indonesia yang penuh bencana dan meninggalkan ketidakpedulian terhadap masa depan generasi berikutnya," sambung dia.

Disisi lain, Moeldoko memastikan pihaknya bersama Kementerian ATR/BPN serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan percepatan penyelesaiannya dengan sistematis dan sinergis agar tak terjadi konflik agraria di IKN.

"Kami (KSP) bersama Kementerian ATR/BPN dan Kementerian LHK sudah berpengalaman dalam melakukan percepatan penyelesaian konflik agraria. Jadi soal itu sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi," pungkas Moeldoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.