Sukses

Tiket Pesawat ke Lombok Ludes Jelang MotoGP Mandalika, Penginapan Mulai Penuh

Sandiaga menyarankan, wisatawan yang ingin menyaksikan ajang MotoGP bisa menuju Pulau Lombok melalui jalur laut, yang tiketnya masih tersedia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyebut tiket perjalanan udara ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah ludes jelang ajang MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung 18-20 Maret nanti.

Sandiaga menyarankan, wisatawan yang ingin menyaksikan ajang MotoGP bisa menuju Pulau Lombok melalui jalur laut, yang tiketnya masih tersedia. Dia juga mengungkapkan sejumlah jalur laut yang dapat ditempuh untuk bisa sampai ke Lombok.

"Kami juga menyiapkan aksesibilitas dari udara, laut, dan darat. Dan dapat kami sampaikan di sini bahwa banyak tiket melalui udara yang sudah terpesan habis, dari angkutan laut masih sebagian tersedia dari empat jalur pelintasan laut, kapal ke Pulau Lombok dari Pulau Jawa, Bali, Sumbawa dan Kalimantan. Dan dari darat ada 188 armada shuttle bus dan 278 armada bus," beber Sandiaga saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (16/3/2022).

Selain itu, Sandiaga juga menuturkan mengenai tingginya animo masyarakat untuk menyaksikan penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Itu terlihat dari penginapan di destinasi Mandalika yang tersisa 6.492 kamar. Penginapan yang telah terisi sebanyak 11.244 kamar.

"Penyiapan destinasi mandalika ini juga kami pastikan per 14 Maret masih tersedia 6.492 kamar dari total kamar yang tersedia dan sudah terisi sebanyak 11.244 kamar," kata Sandiaga.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, kamar penginapan yang masih tersedia sebagian besar berada di Gili Tramena, NTB. Pihak Kemenparekraf sendiri bakal bermalam di sana dan turut merasakan suasana menjelang MotoGP.

"Namun kamar-kamar yang masih tersedia ini mayoritas di Gili Tramena, jadi oleh karena itu kami berencana akan menginap di Gili dan ikut mencoba merasakan sensasi glamping di hari-hari menjelang MotoGP," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Atraksi

Sementara untuk paket akomodasi dan atraksi sudah laku terjual sebanyak 1.544 tiket. Paket tersebut termasuk dengan penginapan, serta paket Bali-Lombok.

"Berikutnya, untuk paket akomodasi dan atraksi tentunya paket-paket yang telah disediakan, baik hotel, homestay, perumahan klaster, live on board phinisi, termasuk juga hotel di Bali yang banyak dipesan karena ada shuttle yang nanti melayani Bali-Lombok. Total penjualan sudah 1.544 tiket," terang Sandiaga.

Pelaku perjalanan luar negeri untuk event MotoGP Mandalika ini mencapai 2500 orang. Mulai dari pebalap, kru, official, sampai media asing.

"Total pelaku perjalanan luar negeri yg hadir sebanyak 2.500 orang, mulai dari pebalap, kru, official, VVIP, sampai media asing atau jurnalis asing yang akan datang ke Mandalika," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Target 60 Ribu Penonton

Untuk main event, ditargetkan 60 ribu penonton. Dengan rangkaian sejak 18 Maret hingga balapan utama yang digelar pada 20 Maret.

"Selanjutnya, untuk atraksi atau main event, atraksi utama main event adalah tentunya MotoGPnya sendiri dan ini seri kedua, juga kita melihat bahwa 60 ribu penonton yang menjadi target melalui klasifikasi lima tipe tiket. Dimulai rangkaian 18 Maret free practice, lanjut kualifikasi 19 Maret dan race day 20 Maret," ucapnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.