Sukses

Istana Jelaskan soal Pembalap MotoGP Tak Pakai Masker saat Bertemu Jokowi

Istana memastikan bahwa semua pembalap MotoGP yang bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka sudah divaksinasi dosis lengkap dan dinyatakan negatif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana menjelaskan soal para pembalap MotoGP yang tak memakai masker saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Istana memastikan para pembalap yang bersua Jokowi sudah vaksin dosis lengkap dan dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan tes usap PCR.

"Mereka (pembalap MotoGP) sudah PCR, sudah vaksin lengkap," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Rabu.

Menurut dia, pembalap MotoGP yang bertemu Presiden Jokowi harus sudah menerima vaksin dosis lengkap. Bey pun memastikan para pembalap MotoGP yang bertandang ke Istana Merdeka aman dari Covid-19.

"Kalau tidak divaksin malah tidak bisa masuk di kita sekarang ini. Semua aman. Vaksin sudah lengkap. Semua Insyaallah aman. Jadi para pebalap sudah vaksin dan PCR," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sempat Buka Masker

Bey juga menjawab soal Presiden Jokowi yang sempat membuka masker dalam pertemuan itu. Dia menekankan bahwa Presiden hanya membuka masker saat sesi foto bersama agar terlihat ekspresi wajahnya.

"Kan saat foto saja. Lepas masker waktu foto di motor (atas motor jokowi). Waktu jalan ke depan gerbang pakai masker. Setelah itu lalu melepas pebalap buka masker karena agar keliatan ekspresi saja ke pebalap-pebalap," ujar dia.

"Itu pun lokasinya terbuka, jaga jarak juga. Setelah itu pakai masker lagi," sambung Bey.

3 dari 3 halaman

Terima 20 Pembalap di Istana dan Lepas Parade MotoGP di Jakarta

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerima sejumlah pembalap MotoGP 2022 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/3/2022). Total ada 20 pembalap yang hadir yakni, 16 pembalap MotoGP, 2 pembalap Moto2, 1 pembalap Moto3, dan 1 pembalap Asia Talent Cup (ATC).

Berdasarkan siaran di Youtube Sekretariat Presiden, para pembalap datang dengan memakai racing suit atau baju balapan sambil menenteng helm. Mereka memang tidak memakai masker sejak masuk ke Istana dan bertemu Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi melalukan sesi foto dengan pembalap satu per satu secara bergantian. Dia juga sempat memperlihatkan motor customnya kepada para pembalap yang hadir.

Selanjutnya, Jokowi melepas para pembalap untuk melakukan parade menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta. Para pembalap itu sempat menyapa masyarakat dari atas motor yang mereka tunggangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.