Sukses

Wujudkan Visi Jokowi Cinta Produk Indonesia, Pemuda Papua dapat Pelatihan Ini

Papua pun memiliki produk-produk unggulan, berkualitas tinggi siap untuk didistribusikan secara nasional dan diekspor ke mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta Semua tahu bahwa Papua terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi potensi Papua tidak hanya sebatas kekayaan dan keindahan alamnya. Papua pun memiliki produk-produk unggulan, berkualitas tinggi siap untuk didistribusikan secara nasional dan diekspor ke mancanegara.

Melihat banyaknya potensi yang tersimpan di tanah Papua, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Papua Muda Inspiratif (PMI) mengadakan acara Pengembangan Kewirausahaan bagi UMKM Papua Inspiratif dengan tajuk Kegiatan Peningkatan Kewirausahaan dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri.

Acara ini bertujuan untuk melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM Papua Muda Inspiratif baik dari sisi peningkatan daya saing produk, wawasan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan keuangan usaha, serta peningkatan akses pasar dengan marketplace. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap produk dalam negeri khususnya produk-produk asal Papua.

Kegiatan Peningkatan Kewirausahaan dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri diselenggarakan selama 1 (satu) hari, Selasa (15/3/2022). Kegiatan diselenggarakan secara hybrid dan paralel dengan empat tema kegiatan, di empat lokasi yang berbeda (Jayapura, Sorong, Merauke dan Manokwari) di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Acara yang diikuti 1.000 orang peserta ini, terdiri atas UMKM untuk kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Produk di Kota Jayapura, Bimbingan Teknis Kewirausahaan di Manokwari, Kemitraan Pemasaran UMKM dengan Marketplace di Sorong, dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri di Merauke dengan target mahasiswa/i dan organisasi kemasyarakatan.

Pada kesempatan ini menghadirkan narasumber seperti Staf Khusus Presiden Republik Indonesia sekaligus Koordinator Utama Papua Muda Inspiratif (PMI) Billy Mambrasar, Inspektur I Kemendag Ojak Simon Manurung, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Ir. Omah Laduani Ladamay, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, George Yarangga, A.Pi.,MM beserta jajaran, Tim Papua Muda Inspiratif dan Tim Pendamping PMI Bidang UMKM, pelaku UMKM inspiratif, perwakilan dari marketplace, praktisi ahli di bidang pangan, non-pangan dan kemasan, serta akademisi.

"Saya atas nama Presiden RI, Joko Widodo, mengucapkan apresiasi mendalam untuk Kementerian Perdagangan bersama-sama dengan Papua Muda Inspiratif, yang telah melakukan pelatihan hari ini. Pak Jokowi berpesan agar pelaku UMKM dapat menciptakan Produk berdaya saing global, dan siap ekspor," ujar Billy Mambrasar, Stafsus Presiden asal Papua tersebut.

"Ini untuk dapat meningkatkan ekspor produk UMKM, dan meningkatkan pendapatan negara. Oleh sebab itu pelatihan hari ini secara tidak langsung, menunjukkan aksi nyata yang dilakukan untuk mendukung visi besar dari Presiden kita," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cinta dan Bangga Produk Lokal

Adapun yang mewakili Kementerian Perdagangan yaitu Ojak Simon Manurung dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Papua Muda Inspiratif.

"Papua Muda Inspiratif menjadi motor penggerak para pemuda pelaku usaha di Papua. Dibangunnya Papua Youth Creative Hub adalah wujud nyata dukungan pemerintah terhadap pelaku industri usaha muda. Kami mengharapkan agar pelatihan ini diselenggarakan secara teratur agar manfaatnya lebih terasa signifikan," ujar Inspektur I Kemendag tersebut.

Kegiatan ini tentunya membawa semangat bagi pelaku usaha yang bernaung di payung Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk giat berkreasi menciptakan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing, serta memupuk rasa cinta dan bangga terhadap produk dalam negeri.

"Sudah waktunya anak-anak muda Papua juga menjadi eksportir barang-barang berkelas internasional, dan saya harap kami dapat mendukung strategi tersebut, dan melalui hashtag #BanggaProdukIndonesia kita akan meningkatkan kepedulian terhadap produk Indonesia lebih dalam lagi," ujar Elia Musa Rawar, kepala Bidang Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif Papua Muda Inspiratif.

Papua Muda Inspiratif (PMI) adalah sebuah ekosistem kepemudaan berbasis kewirausahaan yang telah ada di hampir seluruh kota dan kabupaten di Papua dan Papu Barat. Sejak berdirinya di akhir 2019 lalu, PMI telah melatih dan memberikan permodalan kepada ratusan anak muda asli Papua. PMI juga menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong program-program Petani Milenial, dan Nelayan Milenial untuk ketahanan Pangan Nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.