Sukses

Gempa Bumi Guncang Nias Selatan 3 Kali pada Senin 14 Maret 2022

Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Nias, Sumut. Meski getarannya terbilang kuat, gempa dilaporkan BMKG tak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Ada tiga gempa yang mengguncang Tanah Air hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hingga pukul 23.10 WIB, tiga lindu getarkan Nias, Sumatera Utara (Sumut), sementara satu lainnya menggoyang wilayah Tidore, Maluku Utara, Senin (14/3/2022) pagi.

Saat gempa bumi pertama getarkan Nias, banyak wilayah yang ikut merasakan kuatnya guncangan. Sebut saja Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunung Sitoli dalam skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI).

Berikutnya Padang Panjang, Pasaman Barat. Bukit Tinggi, Tua Pejat, Pariaman dalam skala III MMI. Sementara, getaran II MMI dirasakan hingga ke wilayah Dharmasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Seletan, dan Pesisir Selatan.

Meski getarannya terbilang cukup kuat dengan magnitudo 6,7, gempa tak berpotensi tsunami. Sebelum dimutakhirkan, lindu bermagnitudo 6,9. 

Sekitar setengah jam kemudian, Nias kembali diguncang lindu. Namun, kali ini gempa berkekuatan magnitudo 6 dengan pusat gempa berada di laut. 

Ada enam wilayah yang dilaporkan BMKG ikut merasakan guncangan gempa. Nias Selatan IV MMI, Padang, Siberut, dan Gunung Sitoli III MMI, sedangkan Padang Panjang, Pariaman II MMI. 

Masih di Nias Selatan,Sumut, gempa ketiga terjadi. Lindu terjadi pada pukul 21:12:10 WIB. Kali ini gempa bermagnitudo 5,4.

Lalu lindu juga menggoyang wilayah Tidore, Maluku Utara. Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 dengan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer.

Berikut info tiga gempa hari ini selengkapnya yang dihimpun dari laman resmi BMKG:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gempa Nias Selatan pertama

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 menggoyang Nias Selatan, Sumut pada pukul 04:09:21 WIB. Lindu dilaporkan tak berpotensi tsunami.

Ada pun lokasi gempa diungkap BMKG terletak pada koordinat titik 0,71 Lintang Selatan (LS) dan 98,5 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berada di  161 km Tenggara Nias Selatan.

Dari hasil analisa BMKG juga menunjukkan bahwa gempa terjadi di laut dengan kedalaman 25 kilometer dari permukaan bumi.

3 dari 5 halaman

Gempa Nias Selatan kedua

Sementara, gempa kedua terjadi pada pukul 04:38:43 WIB, dengan lindu bermagnitudo 6.

Lewat laman resmi BMKG dilaporkan gempa kedua kali ini juga terjadi di laut dengan kedalaman 26 kilometer.

Sedangkan lokasi gempa terletak pada koordinat titik 0,66 LS dan 98,45 BT. Atau tepatnya di 154 km tenggara Nias Selatan.

4 dari 5 halaman

Gempa Tidore, Maluku Utara

Sedangkan gempa bumi ketiga terjadi di wilayah Tidore, Maluku Utara terjadi pada pukul 10:08:46 WIB.

Saat digetarkan gempa magnitudo 4,9, getarannya terasa hingga Ternate dalam skala II MMI.

Lokasi gempa terletak pada koordinat titik 0,02 LU dan 126,7 BT. Atau lebih tepat terjadi di laut yang jaraknya 110 km Barat Daya Tidore.

Ada pun kedalaman pusat gempa 10 kilometer dari permukaan bumi.

5 dari 5 halaman

Gempa Nias Selatan

Gempa bumi kembali mengguncang Nias Selatan hari ini. Lindu dilaporkan BMKG berkekuatan magnitudo 5,4.

Lokasi gempa terletak pada -0,56 LS dan 98,54 BT. Atau tepatnya terjadi di 149 km tenggara Nias Selatan, Sumut. Gempa berada di kedalaman 16 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.