Sukses

Serba-Serbi Rencana Jokowi Kemah di IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan berkemah di IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin 14 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan berkemah di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin 14 Maret 2022.

"Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13 Maret 2022), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin, seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/3/2022).

Syafranuddin menjelaskan, Jokowi tidak akan sendiri saat kemah di IKN Nusantara. Sebanyak 33 gubernur dari seluruh Indonesia akan ikut hadir dalam kegiatan tersebut. Namun demikian, hanya lima gubernur yang dijadwalkan menginap bersama.

Dia menerangkan, kelima kepala daerah yang ikut Jokowi kemah dan menginap adalah Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam acara tersebut, akan ada kegiatan Kendi Nusantara. Para kepala daerah diminta untuk membawa air dan tanah dari daerah masing-masing untuk nantinya digabungkan dan disimpan di Kendi Nusantara.

"Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dalam keterangan pers diterima secara terpisah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna Filosofis

Air dan kendi dipercaya memuat filosofis dari adat leluhur agar selalu mengingat makna kearifan lokal. Sementara ini, ada tujuh provinsi yang mengonfirmasi akan membawa hal tersebut, yakni Kalimantan Timur, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltara, Bengkulu, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gubernur Isran sendiri, rencananya akan membawa tanah dan air dari dua daerah dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. Hal itu mengingat, Nusantara terbagi atas sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser.

3 dari 3 halaman

Tenda Telah Siap

Presiden Jokowi akan berkemah di titik nol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Jokowi disebut akan berkemah bersama Kepala Badan Otorita IKN dan pejabat lainnya.

Dari video yang beredar di media sosial, beberapa tenda sudah terbangun di atas tanah merah dan berjejer rapi di salah satu sudut IKN.

Tenda-tenda itu berwarna gradasi biru dan abu. Sementara para petugas, dalam video itu, tengah mempersiapkan kayu tripleks sebagai alas tenda.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono belum berkomentar soal persiapan berkemah Jokowi ini ketika dihubungi Liputan6.com.

Sebelumnya, kabar Jokowi berkemah telah dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. "Iya," ucap Heru kepada wartawan, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Kemah diagendakan pada 13-14 Maret 2022 dan bakal dihadiri gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.