Sukses

Wagub DKI Jakarta: Kepedulian Kurang, Sungai Masih Dijadikan Tempat Sampah Raksasa

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga mengubah pola pikir tentang sungai sehingga tidak menjadikannya sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga mengubah pola pikir tentang sungai sehingga tidak menjadikannya sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah. Riza mencontohkan Sungai Ciliwung yang kerap ditemukan sampah.

"Kepedulian masyarakat sekitar terhadap sampah masih kurang. Masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa," kata Riza di Padepokan Ciliwung, Balekambang, Jakarta Timur, Sabtu (12/3).

Riza menginginkan kondisi sungai di Jakarta seperti negara-negara maju yang terjaga. Bahkan, lanjut dia, beberapa rumah di negara maju menjadikan sungai sebagai beranda rumah.

Kondisi itu sebaliknya dengan sungai di Jakarta, yang biasanya berada di belakang rumah dan dijadikan tempat pembuangan limbah atau limbah sampah.

"Negara maju, sungai itu jadi beranda depan, dia harus bersih, rapih, Indah, harus hijau airnya harus mengalir. Kita sebaliknya jadi tempat belakang rumah bukan bagian depan sehingga bagian belakang tempat yang jelek-jelek di belakang," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyusut

Selain malfungsi, Riza menyoroti ukuran sungai yang ada di Jakarta yang semakin menyusut setiap tahun.

Akibat penyempitan sungai, kata Riza, daya tampung air semakin kecil dan berdampak luber ke daratan dan pemukiman warga.

"Sungai kita semakin mengecil dari tahun ke tahun. Sehingga semakin mengecil sungai ini, daya tampung air semakin berkurang, aliran sungai juga semakin berkurang," kata Riza.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.