Sukses

Jokowi dan 20 Pembalap MotoGP akan Parade di Jakarta, Polisi Siap Kawal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan bakal melakukan parade di jalanan Jakarta bersama 20 pembalap MotoGP, pada Rabu (16/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan bakal melakukan parade di jalanan Jakarta bersama 20 pembalap MotoGP, pada Rabu (16/3/2022).

Para pembalap itu nantinya akan turun di ajang balap motor MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengaku pihaknya siap untuk mengawal parade tersebut.

"Yang jelas PMJ (Polda Metro Jaya) siap amankan kegiatan yang jadi prioritas pemerintah untuk dongkrak sektor wisata kita," kata Zulpan di Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Namun, Zulpan belum bisa menyampaikan rute iring-iringan parade Jokowi dan para pembalap MotoGP tersebut. Sebab, hal tersebut demi keamanan dan kelancaran parade itu sendiri.

Tapi, kata Zulpan, yang jelas pihaknya bakal mengawal parade itu, di mana pengamanan untuk ring 1 akan dijagah oleh Paspampres dan ring 2 oleh anggota kepolisian. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum ke NTB

Untuk jumlah anggota yang diterjunkan, Zulpan juga belum bisa membeberkan secara pasti mengenai hal tersebut. "Belum bisa disampaikan kalau kegiatan VVIP gak bisa disampaikan terbuka karena pengamanan kita ring 1 Paspampres," tuturnya.

Seperti diketahui, 20 pembalap berbagai kelas akan berparade di Jakarta, Rabu pekan depan (16/3/2022). Mereka akan berparade sebelum bertolak ke Lombok untuk menjalani balapan seri kedua dalam kalender MotoGP akhir pekan depan.

Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tuan rumah Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret setelah ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu absen selama 25 tahun di Indonesia. Demikian dilansir Antara, Selasa (8/3/2022).

3 dari 3 halaman

Istana Undang Pembalap MotoGP

Sebelum menuju sirkuit di pesisir selatan Pulau Lombok itu, nama-nama besar seperti Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, Andrea Dovizioso, akan membawa gempita MotoGP ke ibu kota dalam arak-arakan yang akan dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima para pembalap kelas dunia itu di Istana sebelum bergabung dan berkendara dalam arak-arakan bersama para bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.