Sukses

Kepala BIN soal IKN Nusantara: Strategi Menjadi Kekuatan Ekonomi Dunia

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur bertujuan untuk mendorong agar Indonesoa menjadi kekuatan ekonomi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur bertujuan untuk mendorong agar Indonesoa menjadi kekuatan ekonomi dunia. Menurut dia, Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi ke-5 terbesar dunia pada 2045.

Namun, prediksi itu berdasarkan tren pertumbuhan pra-pandemi. Budi menyebut saat ini Indonesia harus memiliki terobosan dan kreatifitas luar biasa untuk bisa melompat dari posisi ke-16 saat ini, salah satunya dengan pembangunan IKN.

"Dengan segera membangun IKN Nusantara, jalan Indonesia untuk kembali dan melampaui level pertumbuhan sebelum pandemi terbuka," kata Budi Gunawan dalam siaran persnya, Jumat (11/3/2022).

"Indonesia akan lebih cepat memiliki model ekonomi berbasis digital sebagai pendorong pertumbuhan. Juga mengadopsi arah ekonomi berkelanjutan, bersahabat dengan alam, dan lebih merata secara geografis," sambungnya.

Dia menyebut struktur ekonomi Indonesia saat ini secara spasial didominasi Pulau Jawa dengan angka 57,89 persen. Padahal, kata Budi, potensi wilayah lain di luar Pulau Jawa sangat besar.

Budi menyampaikan hal inilah yang menjadi alasan Presiden Jokowi atau Jokowi memutuskan memulai pembangunan IKN Nusantara tahun ini. Dia menuturkan tanpa keberanian membuat terobosan besar ini, Indonesia tak akan bisa menjadi kekuatan ekonomi dunia.

"Desain IKN Nusantara disesuaikan sebagai kawasan pertumbuhan baru dengan semua kriteria perekonomian masa depan: smart, green, dan sustainable," jelasnya.

Dia menjelaskan kawasan IKN nantinya akan menjadi tempat para talenta terbaik Indonesia mengeksplore kemampuan mereka. Mulai dari, menciptakan inovasi baru dalam industri kreatif, light manufacture, hingga green economy.

"Yang terbukti telah menjadi motor pertumbuhan ekonomi hari ini," ucap Budi Gunawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kesejahteraan

Ketua Persekutuan Adat Dayak Balikpapan Lampang Bilung menyatakan, pembangunan IKN Nusantara akan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat setempat sebagai konsekuensi investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

"Pembangunan IKN di wilayah ini juga akan mendorong percepatan pengembangan SDM lokal, karena kami yakin tidak akan ditinggalkan. Kami didorong untuk ikut maju mengikuti kemajuan IKN Nusantara," ujarnya.

Ketua HMI (Himpunan Mahasiswa Indonesia) Kutai Kartanegara Andika Abbas optimistis rencana pembangunan IKN Nusantara telah membangkitkan semangat generasi muda Kaltim untuk bersiap dan berbenah diri.

"Kini program-program di HMI kami arahkan untuk pembenahan dan pembinaan kualitas SDM. Kita harus siap ambil bagian. Dan bicara mengenai smart city, masyarakat lokal tentu harus memenuhi kualifikasi tertentu," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.