Sukses

PAN Merespons Isu Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Lewat isu reshuffle yang kembali santer terdengar dikabarkan PAN akan masuk dalam kabinet Presiden Jokowi dengan satu wakil menteri.

Liputan6.com, Jakarta Isu reshuffle kabinet kembali ramai terdengar. Perombakan kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma’ruf amin ini disebut akan terjadi pada akhir bulan Maret 2022.

Isu ini turut diaminkan oleh Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luqman Hakim yang mengaku mendengar kabar perombakan kabinet ini. 

"Kalau kabar-kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini," kata Luqman kepada wartawan, Selasa, 8 Maret 2022.

Luqman Hakim juga mengaku mendengar kabar bahwa PAN akan masuk dalam kabinet dengan satu wakil menteri.

"PAN dapet satu menteri plus satu wamen," ujarnya. 

Sementara PAN sendiri, melalui wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi membantah bahwa Ketua Umum Zulkifli Hasan bertemu Presiden untuk membahas reshuffle. 

"Berita itu tidak benar, karena dalam sepekan kemarin Ketua Umum road show konsolidasi kader dan pemantapan persiapan pemilu di Jawa Tengah. Keliling ke seluruh kabupaten/kota untuk bertemu dengan basis konstituen dan pengurus partai," ujar Viva dalam keterangannya kepada Merdeka.com, Senin, 7 Maret 2022.  

Ketua Umum Zulkifli Hasan bahan membantah kabar pertemuannya dengan Presiden Jokowi yang membahas reshuffle. 

"Tidak benar hoaks," singkat Zulhas melalui pesan daring diterima Liputan6.com, Jakarta, Senin, 7 Maret kemarin.  

Selain membantah adanya pertemuan yang membahas reshuffle, berikut respons PAN lainnya terkait akan dilibatkan dalam reshuffle kabinet: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Zulkifli Hasan Tidak Tahu Kabar soal Reshuffle

Isu reshuffle kabinet yang beredar menyebutkan PAN akan mendapatkan kursi menteri dan wakil menteri.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku belum mendengar kabar mengenai reshuffle.

"Saya belum mendengar kabar itu (reshuffle)," kata Zulkifli Hasan saat dikonfirmasi, Rabu, 9 Maret 2022. 

Zulhas kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui isu PAN masuk dalam reshuffle kabinet yang dikabarkan akan berlangsung Maret 2022.

"PAN belum mengetahui (kabar reshuffle)," kata dia. 

3 dari 4 halaman

2. Konsisten Membantu Pemerintah

Walau membantah adanya reshuffle, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menuturkan, PAN akan membantu pemerintahan Jokowi mempercepat ekonomi nasional dan pemenuhan kebutuhan rakyat.

"Sebagai partai koalisi pemerintah, PAN tetap konsisten dan berkomitmen untuk membantu pemerintahan Presiden Jokowi dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan pemenuhan kebutuhan kesehatan rakyat," katanya.

4 dari 4 halaman

3. Ketum PAN Fokus Konsolidasi

Viva juga menjelasan saat ini Ketum PAN Zulkifli Hasan tengah disibukkan dengan konsolidasi partai menjelang pemilu di Jawa Tengah. 

"Berita itu tidak benar, karena dalam sepekan kemarin Ketua Umum road show konsolidasi kader dan pemantapan persiapan pemilu di Jawa Tengah. Keliling ke seluruh kabupaten/kota untuk bertemu dengan basis konstituen dan pengurus partai," ujar Viva dalam keterangannya kepada Merdeka.com, Senin, 7 Maret 2022. 

 

Rifqy Sakti Pratama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini