Sukses

Alasan Pemotor Ini Bisa Masuk Tol Pluit Jakarta Utara

Pemotor melintas di ruas jalan Tol Pluit, Jakarta Utara. Situasi itu diabadikan oleh pengendara mobil dan viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pemotor melintas di ruas jalan Tol Pluit, Jakarta Utara. Situasi itu diabadikan oleh pengendara mobil dan viral di media sosial.

Dalam rekaman video terlihat seorang pria menunggangi sepeda motor matic melaju di sisi kiri lajur tol. Tindakan itu mengundang perhatian pengguna mobil. Ia pun merekam menggunakan kamera ponsel.

Terkait hal ini, Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno membenarkan adanya peristiwa tersebut. Saat itu, kata dia pengendara sepeda motor bernama Yunus Jamelan (32) hendak menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Pihak kepolisian yang mengetahui lantas memberhentikan pengendara. Hasil pemeriksaan, pengendara mengaku diarahkan oleh aplikasi peta.

"Dia alasannya masuk tol karena mengikuti aplikasi maps," kata dia kepada wartawan, Rabu (9/3/2022).

Sutikno menyebut, memang dari Simpang Pluit mengarah Bandara tak dilengkapi dengan Gerbang Tol. Dan ketika itu, pengendara diarahkan oleh aplikasi peta untuk masuk ke jalan tol.

"Kalau dari Simpang Pluit mengarah ke bandara enggak ada gerbang tolnya. Nah dia mengikuti map," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditilang

Sutikno menyampaikan, pengendara diberikan sansi tilang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya "Kita tetap tilang, melanggar rambu kan itu jelas," jelas dia.

Terkait kejadian itu, Sutikno mengimbau kepada pengendara yang menggunakan aplikasi sebagai petunjuk agar lebih berhati-hati.

"Masyarakat itu yang menggunakan map diisi dengan jelas datanya. Kan itu ada keterangan roda empat atau roda dua. Jangan main oke aja padahal itu yang dimasukkan penunjuk roda empat," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.