Sukses

Cerita soal Evakuasi 8 Jenazah Karyawan PTT Korban Penembakan di Papua

Delapan karyawan PT PTT yang menjadi korban penembakan di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua dievakuasi menggunakan tiga helikopter. Begini ceritanya.

Liputan6.com, Jakarta Delapan karyawan PT Palapa Timur Temelatika (PTT) yang menjadi korban penembakan di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua dievakuasi menggunakan tiga helikopter. Evakuasi dilakukan Satgas Yonif 328 bersama personel Polri.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna menceritakan soal evakuasi kedelapan korban penyerangan kelompok separatis teroris tersebut.

Tiga helikopter yang mengevakuasi korban penembakan Papua ini dikawal oleh sebuah heli yang ditunggangi oleh empat prajurit.

"Skenario evakuasi korban, pesawat Helly Bell-412EP/HA-5177 dengan pilot Lettu Cpn Hadi Prayitno bersama 4 personel Puspenerbad bertindak sebagai pengamanan ketika 3 helikopter lainnya bertugas sebagai tim evakuasi pembawa jenazah dari lokasi kejadian kebiadaban KST," kata Tatang dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Menurut dia, evakuasi itu menempuh rute Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya-Distrik Beoga Kabupaten Puncak-Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya.

 

Delapan jenazah tersebut akan dibawa langsung ke Kabupaten Mimika oleh petugas setiba di Intan Jaya.

"Hingga ke 8 Jenazah tersebut dibawa ke Kabupaten Mimika menggunakan pesawat Rimbun Air PK – OTJ," ujar Tatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenazah Teridentifikasi

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Ahmad Musthofa Kamal menambahkan, jenazah yang telah dievakuasi tersebut akan langsung disemayakan.

"Setelah seluruh jenazah berhasil diidentifikasi oleh pihak RSUD Mimika, selanjutnya delapan jenazah yang sudah dimasukkan ke dalam peti mati itu di bawa ke Mapolres Mimika untuk disemayamkan," ujar Kamal.

Untuk delapan jenazah itu disebut Kamal telah diberangkatan oleh petugas pada pagi tadi dengan adanya prosesi penghormatan kepada para jenazah.

"Kami juga telah melakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua," sebutnya.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Korban

Berikut delapan jenazah yang teridentifikasi:

1. Jenazah almarhum Renal Tentua Tagasye akan diberangkatkan ke Ambon Maluku

2. Jenazah almarhum Bili Galdi Balion akan diberangkatkan menuju Bandung

3. Jenazah almarhum Ibo diberangkatkan ke Subang,

4. Jenazah almarhum Jamaluddin diberangkatkan ke Rangkas Bitung

5. Jenazah almarhum Sharil Nurdiansyah serta almarhum Eko Septiansyah akan diberangkatkan ke Jakarta Pusat.

6. Jenazah almarhum Bona Simanulang akan diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah,

7. Jenazah almarhum Bebei Tabuni akan diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.