Sukses

2 Wejangan Megawati Terkait Pancasila untuk Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto

Usai dilantik, Andi Widjajanto mengaku Megawati berpesan agar dirinya tetap berpegang kepada ideologi Pancasila dalam menjalankan tugas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri memberikan wejangan kepada Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Andi Widjajanto yang belum lama ini dilantik di Istana Negara menggantikan Agus Widjojo yang kini didapuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina.

Usai dilantik, Andi mengaku Megawati berpesan agar dirinya tetap berpegang kepada ideologi Pancasila dalam menjalankan tugas.

"Sebelum saya menjabat, saya juga mendapat arahan dari Presiden ke-5, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Ketua Dewan Pengarah BRIN, Ibu Megawati Soekarnoputri agar menjalankan amanat sebagai Gubernur Lemhanas ini dengan tetap berpegang kepada ideologi Pancasila 1 Juni," kata Andi, Senin 21 Februari 2022.

Dia juga diminta untuk berpegang teguh pada gagasan-gagasan besar dan pemikiran Presiden Soekarno untuk bergerak memajukan Lemhanas. Kemudian, merancang proyeksi geopolitik Tanah Air menuju Indonesia 2045 yang disegani di tataran regional dan global.

"Itu tugas-tugas yang diberikan kepada saya dan dengan perangkat yang ada di Lemhanas akan berusaha secepat-cepatnya agar capaian dari tugas-tugas itu bisa segera terealisasi," tutur Andi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Andi Widjajanto menjadi Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) di Istana Negara Jakarta, Senin, 21 Februari 2022. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Jokowi untuk Gubernur Lemhanas Baru

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Andi Widjajanto menjadi Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) di Istana Negara Jakarta, Senin, 21 Februari 2022.

Andi mengaku diminta Jokowi untuk memperkuat transformasi Lemhanas agar sesuai dengan tantangan geopolitik terkini.

"Arahan dari Bapak Presiden adalah melakukan penguatan transformasi lemhanas sehingga sesuai tantangan geopolitik abad ke-21," kata Andi usai dilantik Jokowi seperti ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin.

Dengan begitu, Lemhanas dapat menjadi lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional serta menjadi dapur kajian strategis bagi presiden. Terutama, untuk isu-isu lokal regional dan global.

"Serta Lemhanas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.