Sukses

KSAD Perkenalkan Seragam Baru TNI AD Kreasi Panglima Andika Perkasa

KSAD Dudung juga menjelaskan terkait perbedaan yang terlihat pada seragam baru TNI AD dengan seragam lama. Secara motif, seragam TNI yang lama menggunakan motif loreng Malvinas.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memperkenalkan seragam baru TNI AD dengan corak loreng yang berbeda dari seragam TNI sebelumnya.

Dudung mengungkapkan seragam baru TNI AD ini merupakan rancangan dari Panglima TNI Andika Perkasa saat masih menjadi KSAD.

"Iya ini seragam baru. Seragam baru ini sebetulnya diciptakan Pak Andika Perkasa waktu (menjabat) KSAD, kemudian ada evaluasi dari para asisten, ada penambahan warna sedikit," ungkap Dudung menjawab pertanyaan wartawan saat hadir dalam Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2022 di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Rabu, 2 Maret 2022. 

Dudung juga menjelaskan terkait perbedaan yang terlihat pada seragam baru TNI AD dengan seragam lama. Secara motif, seragam TNI yang lama menggunakan motif loreng Malvinas.

Loreng Malvinas yang dapat ditemukan pada seragam TNI pada umumnya terdiri atas tiga blok warna berukuran besar, yaitu warna hijau tua — kerap dikenal dengan hijau tentara (army), cokelat tua, dan warna yang dekat dengan krem gading (ivory cream).

Sementara itu, loreng TNI AD yang diperkenalkan oleh KSAD Andika yang kini telah menjadi Panglima TNI punya blok warna lebih banyak, terutama untuk gradasi warna cokelat dan hijau.

Sedangkan loreng TNI AD yang baru memiliki blok-blok warna berukuran lebih kecil, yang terdiri atas warna hijau tentara dengan intensitas lebih terang, serta hijau zaitun (olive) terang, cokelat tua yang berpadu dengan cokelat muda, serta warna krem yang lebih terang.

"Angkatan Darat tidak punya loreng (yang khas, red) rupanya," kata Dudung menjelaskan alasan ia memutuskan membuat seragam bermotif loreng khas TNI Angkatan Darat dilansir Antara, Jumat (4/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TNI AD Miliki Brevet Baru

KSAD Dudung kepada wartawan juga menyampaikan bahwa TNI AD kini memiliki brevet baru, yang intensitas warna hijau-nya berbeda dengan brevet lama.

Dia menegaskan, seragam baru TNI AD itu merupakan buatan dalam negeri.

Walaupun demikian, KSAD belum dapat menginformasikan kapan seragam baru TNI AD tersebut akan diluncurkan dan dipergunakan oleh prajurit Angkatan Darat.

Pasalnya, sebagian besar petinggi TNI AD yang menghadiri Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2022 di Mabesad, Jakarta, Rabu, masih mengenakan seragam model lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.