Sukses

Belasan WNI Tak Bisa Dievakuasi karena Positif Covid-19, Masih Tertahan di Romania

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan, dari puluhan Warga Negara yang dievakuasi ke Indonesia dari Ukraina, ternyata ada tiga warga negara Ukraina yang ikut dievakuasi ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan, dari puluhan WNI yang dievakuasi ke Indonesia dari Ukraina, ternyata ada tiga warga negara Ukraina yang ikut dievakuasi ke Indonesia.

"Terdapat 80 warga negara Indonesia, lalu 3 WNA merupakan keluarga karena pernikahan, berada di dalam rombongan,"tutur Retno, usai menyambut evakuasi WNI dari Ukraina di Terminal 3 Bandara Soetta, Kamis (3/3/2022).

Selain puluhan orang itu, ternyata masih ada 12 WNI lainnya yang masih tertahan di Rumania, lantaran terkena virus Covid-19. Sementara dua orang lainnya memilih bertahan untuk menahan diri tinggal di sana, lantaran untuk merawat anaknya yang positif Covid-19.

"Dari tes yang dilakukan, 12 di antaranya diketahui positif Covid-19, sementara dua orang lagi memilih untuk tinggal sementara di Bukares (Romania) untuk merawat anaknya yang positif Covid-19, " tutur Retno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Dipantau

Keberadaan 14 orang yang tidak ikut dalam rombongan ini terus dipantau oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kedubes Romania. Bilamana belasan orang tersebut sudah negatif Covid-19, maka mereka bisa dipulangkan ke Indonesia.

"Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial," kata Retno.

Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak 83 WNI yang menetap di Ukraina, dievakuasi oleh Pemerintah Indonesia dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia 7730. Mereka tiba di apron sekitar pukul 17.12 Wib dan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas KKP dan keimigrasian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.