Sukses

Pesan Jokowi di Hari Raya Nyepi: Selaraskan Pikiran dan Langkah Menuju Indonesia Maju

Presiden Jokowi mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 kepada umat Hindu di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2022 kepada umat Hindu di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menyamakan niat, langkah, dan pikiran untuk menuju Indonesia maju yang dicita-citakan.

"Dalam hening kita melihat dengan mata dan hati yang bening. Kita selaraskan niat, pikiran, dan langkah menuju Indonesia yang kita cita-citakan bersama. Indonesia yang maju," kata Jokowi dikutip melalui akun Instagram resminya, @jokowi, Kamis (3/3/2022).

Adapun perayaan Nyepi kali ini mengusung aktualisasi nilai Tat Twam Asi dalam moderasi beragama menuju Indonesia tangguh.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi berharap perayaan kali ini bisa menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa" kata Zainut saat membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944 di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu 2 Maret 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rayakan Nyepi dengan Disiplin Protokol Kesehatan

Dia juga mengajak umat Hindu untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah Tahun Toleransi 2022. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kehikmatan perayaan Nyepi," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perayaan Hari Raya Nyepi didasarkan pada penanggalan atau kalender Saka.
    Perayaan Hari Raya Nyepi didasarkan pada penanggalan atau kalender Saka.

    Hari Raya Nyepi

  • Hari Raya Nyepi 2022 jatuh pada Kamis 3 Maret 2022, yang disebut dengan Tahun Baru Saka 1943 merupakan perayaan bagi umat Hindu.

    Nyepi 2022

  • Hari Raya Nyepi 2022 jatuh pada Kamis 3 Maret 2022, yang disebut dengan Tahun Baru Saka 1943 merupakan perayaan bagi umat Hindu.

    Hari Raya Nyepi 2022

  • Nyepi