Sukses

Hari Raya Nyepi 2022, Ganjil Genap di Jakarta Tidak Berlaku

Pembatasan kendaraan bermotor dengan skema ganjil genap di Jakarta tidak berlaku untuk hari libur nasional serta akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali terhitung mulai 1 hingga 7 Maret mendatang. Meski begitu, skema penerapan ganjil genap di Ibu Kota terus dilakukan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, selama PPKM level 3 diterapkan, ada 13 ruas jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap.

13 titik ganjil genap di Jakarta tersebar di Jalan MH Thamrin, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jendral Sudirman, Jalan MT Haryono, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Gunung Sahari, Jalan Gatot Subroto, Jalan Fatmawati, Jalan Tomang Raya, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan S Parman.

Lantas, bagaimana dengan hari ini, Rabu (3/3/2022) yang bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi? Untuk hari ini, ganjil genap ditiadakan. Karena memang skema ganjil genap tidak berlaku untuk hari libur nasional serta akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Sistem ganjil genap tersebut hanya berlaku di hari kerja, mulai dari Senin hingga Jumat. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB, sementara sore hari pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Ganjil Genap Berlaku Saat PPKM Level 3

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo menjelaskan kenapa skema ganjil genap masih diterapkan meski Jakarta berada pada status PPKM level 3. 

"Ganjil genap masih tetap di 13 kawasan, karena kami melihat, mencermati, apakah terjadi shifting atau perpindahan dari transportasi pribadi ke umum," ujar Sambodo, dikutip Antara, Rabu, 9 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini