Sukses

Infografis Indonesia Siapkan Skenario Ubah Status Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Terjadi tren penurunan kasus Covid-19 dalam pekan terakhir Februari 2022. Bahkan, menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, pemerintah tengah menyusun strategi mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Covid-19 harian di Indonesia, mulai menunjukkan tren penurunan dalam pekan terakhir Februari 2022. Seiring dengan tren penurunan kasus positif Covid-19, bed occupancy ratio atau tingkat keterisian rumah sakit rujukan di Tanah Air, juga relatif terkendali.

Merujuk data Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, hingga akhir Februari 2022, tercatat 14 provinsi yang konsisten dalam penurunan kasus konfirmasi harian Covid-19. Adapun 7 provinsi tercatat kasus hariannya sudah melandai.

Tren penurunan kasus Covid-19 jelas menggembirakan. Bahkan, Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, saat ini pemerintah tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi menjadi endemi Covid-19.

Hanya saja, menurut Menkes, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar keputusan perubahan status dari pandemi Covid-19 menjadi endemi tersebut dipertimbangkan secara matang. Terutama dengan memperhatikan berbagai pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi.

Provinsi mana saja yang mengalami tren penurunan kasus konfirmasi harian Covid-19? Selain itu, provinsi mana saja yang sudah melandai? Bagaimana ragam tanggapan atas persiapan skenario perubahan status pandemi ke endemi Covid-19? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Indonesia Siapkan Skenario Ubah Status Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

3 dari 4 halaman

Infografis Kasus Covid-19 di Indonesia Mulai Menurun

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Indonesia Siapkan Skenario dari Pandemi ke Endemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.