Sukses

Waketum: PKB Siap Lahir Batin Kapan pun Pemilu Digelar

Meski mengusulkan penundaan Pemilu 2024, PKB tetap mendorong pencapresan Cak Imin di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa  Jazilul Fawaid mengatakan, PKB siap kapanpun pemilu digelar. Apakah tetap pada tahun 2024, atau nantinya terpaksa ditunda.

"PKB siap lahir batin, kapan pun pemilu digelar," ujar politikus yang akrab disapa Gus Jazil kepada wartawan di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Usulan penundaan pemilu diawali pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Wacana itu pun menuai pro dan kontra. Jazilul mengakui bukan soal mudah melakukan penundaan pemilu. Kendati bukan sesuatu yang mustahil dalam politik.

Ia membandingkan dengan Pilkada 2020 yang ditunda karena pandemi menjadi Desember 2020. Presiden Joko Widodo ketika itu mengeluarkan Perppu.

Meski mengusulkan penundaan, PKB tetap mendorong pencapresan Cak Imin. PKB terus melakukan konsolidasi hingga melakukan deklarasi dukungan capres kepada Cak Imin di daerah.

"Setiap hari, Gus Muhaimin dan kita para pengurus partai berkeliling ke berbagai daerah untuk menghadiri deklarasi dukungan bagi Gus Muhaimin untuk menjadi Presiden 2024," kata Jazilul.

Wakil Ketua MPR ini menilai penundaan pemilu belum tentu bakal terealisasi. Namun pelaksanaan pemilu pasti akan terlaksana sebagai agenda politik nasional.

"Mau 2024 atau ditunda, pemilu tetap digelar makanya PKB terus menyiapkan diri untuk menghadapi pemilu yang akan datang," jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKB Optimistis Raih 100 Kursi

Sementara itu, PKB bersyukur dukungan kepada Cak Imin sebagai calon presiden terus bermunculan. Tren elektabilitas PKB juga dinilai semakin baik. Maka itu Jazilul optimis PKB dapat menaikan kursi di parlemen dari 58 menjadi 100 kursi.

Disinggung mengenai masih rendahnya elektabilitas Cak Imin, Jazilul mengatakan bahwa masih ada waktu dua tahun untuk meningkatkan elektabilitas. Ia bahkan menyindir sejumlah nama yang memiliki elektabilitas atau popularitas tinggi berdasarkan hasil survei, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil, tapi hingga saat ini mereka belum memiliki tiket sama sekali untuk maju dalam pilpres.

Sebab, syarat untuk mengikuti kontestasi pilpres harus memiliki tiket dari parpol, minimal 20% suara nasional berdasarkan hasil pemilu sebelumnya.

"Kalau kita, PKB, Gus Muhaimin sudah punya tiket 10 persen. Tinggal mencari tambahan 10 persennya lagi," ucapnya.

Ahda Bayhaqi/Merdeka.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.