Sukses

Jokowi: TNI-Polri Harus Jago AI, karena Kejahatan Mungkin Bergeser ke Digital

Jokowi mengungkapkan, karena pertarungan ke depan adalah teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan anggota TNI-Polri harus memiliki talenta di bidang digital. Mulai dari kemampuan dalam menguasai kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI), digital design, hingga digital marketing.

"TNI-Polri juga harus memiliki talent digital karena eranya sudah era seperti ini, harus punya, jago-jago AI, cloud computing, digital design, ngerti mengenai masalah blockchain, yang ngerti masalah digital marketing," ujar Jokowi dalam Pembukaan Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2022 di Mabes TNI Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).

Menurut dia, TNI-Polri harus memahami hal-hal tersebut. Pasalnya, kata Jokowi, kejahatan bisa saja bergeser dari konvensional ke hal-hal yang berkaitan dengan digital.

"Kalau penegak hukum Polri tidak ngerti dengan hal-hal yang tadi saya sampaikan gimana? Kejahatan mungkin bergeser dari yang konvensional jadi hal-hal yang berkaitan dengan digital. Dan sekarang sudah terjadi," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuasai Teknologi

Untuk itu, dia meminta TNI-Polri memiliki talent digital dan menguasai teknologi. Dengan begitu, aparat penegak hukum dapat menumpas kejahatan di bidang digital.

"Mengerti masalah Artificial Intelligence, cloud computing, digital design, digital marketing, blockchain, coding programing. Semua harus dimiliki dan dimulai harus dicari talent-talent digital itu," tutur dia.

"Karena pertarungan kita ke depan adalah teknologi," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.