Sukses

Ini Penyebab Macet Parah di Puncak Bogor saat Libur Panjang Isra Miraj 2022

Kemacetan parah di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terjadi pada libur akhir pekan ditambah libur Isra Miraj, 26-28 Februari 2022 kemarin. Beberapa warga mengeluh terjebak macet hingga belasan jam.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan parah terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat pada libur akhir pekan ditambah libur Isra Miraj, 26-28 Februari 2022 kemarin. Sejumlah warga mengeluh terjebak macet di Puncak hingga selama 13 jam.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengungkapkan, kemacetan parah di jalur Puncak, Bogor itu disebabkan meningkatnya volume kendaraan selama libur panjang Isra Mikraj 2022.

"Sejumlah tempat wisata mengalami lonjakan wisatawan yang ingin berlibur, seperti halnya yang terjadi di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor," ujar Suntana saat meninjau lalu lintas di Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (28/2/2022).

Kondisi diperparah dengan adanya enam unit kendaraan mogok di beberapa titik ruas jalan. Hal ini membuat arus lalu lintas macet dari kedua arah.

"Kepadatan arus lalin di Puncak hari Minggu kemarin juga diakibatkan adanya 6 unit kendaraan mogok di sepanjang jalan kawasan Puncak," kata Suntana.

Tak hanya itu, macet parah yang terjadi di sepanjang jalur Puncak juga disebabkan adanya pertemuan arus dengan kendaraan dari arah Cianjur menuju Jakarta. Kemacetan sampai mengular hingga Ciloto, Cianjur, sedangkan dari arah Jakarta buntut kendaraan mencapai simpang Gadog.

"Di lapangan pun banyak ditemukan sepeda motor dengan jumlah banyak yang juga menjadi hambatan karena berhenti di tempat-tempat tertentu," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepadatan Kendaraan di Puncak Meningkat 25 Persen

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyebutkan, kurang lebih ada 51.000 kendaraan yang masuk jalur Puncak pada Minggu (27/2/2022) kemarin.

Pada hari libur biasanya, volume kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak hanya sekitar 31.000 unit.

"Sabtu-Minggu kemarin memang jauh lebih besar dari hari libur biasanya, tapi hari Minggu kemarin kepadatan meningkat sekitar 25 persen," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.