Sukses

4 Fakta Terkait Pemerintah Ubah Karantina PPLN yang Masuk ke Bali

Pemerintah akan memberlakukan uji coba masuk ke Bali tanpa karantina mulai 14 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan memberlakukan uji coba masuk ke Bali tanpa karantina mulai 14 Maret 2022. Meski begitu, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang datang ke Bali.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu 27 Februari 2022.

"PPLN yang datang harus menunjukkan pembayaran booking hotel yang sudah dibayar minimal 4 hari atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi WNI," ujar Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu 27 Februari 2022.

Selain itu, lanjut dia, PPLN yang masuk ke Bali harus sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap atau booster. Menurut dia, PPLN wajib melakukan entry PCR-test dan menunggu di kamar hotel hingga hasil test negatif keluar.

"PPLN baru dapat bebas beraktivitas apabila negatif Covid-19," ucap Luhut.

Berikut sederet fakta terkait pemerintah kembali ubah aturan karantina bagi PPLN dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lakukan Uji Coba Sebelum Bebaskan Tanpa Karantina

Pemerintah akan memberlakukan uji coba masuk ke Bali tanpa karantina mulai 14 Maret 2022. Meski begitu, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang datang ke Bali.

"PPLN yang datang harus menunjukkan pembayaran booking hotel yang sudah dibayar minimal 4 hari atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi WNI," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu 27 februari 2022.

 

3 dari 6 halaman

2. Wajibkan Vaksinasi Lengkap atau Booster dan PCR Negatif

Selain itu, menurut Luhut, PPLN yang masuk ke Bali harus sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap atau booster. Luhut mengatakan PPLN wajib melakukan entry PCR-test dan menunggu di kamar hotel hingga hasil test negatif keluar.

"PPLN baru dapat bebas beraktivitas apabila negatif Covid-19," ucap dia.

Menko Luhut mengingatkan PPLN harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah selama beraktivitas.

 

4 dari 6 halaman

3. Terapkan Wajib Tes Antigen Setiap hari

Selanjutnya, PPLN kembali melakukan PCR-test di hari ketiga di hotel masing-masing.

Ada pun event internasional yang akan dilakukan di Bali selama masa ujicoba tanpa karantina ini akan menerapkan ketentuan test antigen tiap hari terhadap peserta tanpa terkecuali.

"Selain itu, akan dilakukan Pencabutan kewajiban adanya sponsor/penjamin untuk permintaan e-visa turis karena dinilai memberatkan wisatawan asing yang akan masuk," papar Luhut.

 

5 dari 6 halaman

4. Percepat Kebijakan Bebas Karantina

Luhut mengatakan pemerintah akan mempercepat kebijakan bebas karantina di Bali apabila tren kasus Covid-19 terus membaik.

Pemerintah juga akan menerapkan kebijakan ini di seluruh Indonesoa pada 1 April 2022 apabila uji coba tanpa karantina di Bali berjalan baik.

"Secara spesifik, pemerintah memilih Bali sebagai lokasi ujicoba proyek percontohan dikarenakan tingkat vaksinasi dosis kedua umum yang sudah tinggi dibandingkan provinsi lainnya," jelas Luhut.

6 dari 6 halaman

Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.