Sukses

SMRC: Ganjar Jadi Capres 2024 Hasil Pilihan Top of Mind Pemilih Kritis Indonesia

Deni menambahkan, posisi selanjutnya ternyata muncul nama Jokowi dengan angka 3%.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Riset SMRC, Deni Irvani membuka hasil survei ternyarnya soal Capres 2024 dari segi kategori pemilih kritis dan nonkritis. Menurut Deni, terdapat 72 persen pemilih kritis dari total populasi di Indonesia.

"Jadi salah satu indikator pemilih kritis ini adalah mereka yang memiliki ponsel, karena dengan punya ponsel mereka dapat mengakses informasi politik lebih banyak daripada yang tidak punya," kata Deni seperti dikutip dari laman Youtube SMRC TV, Senin (28/2/2022).

Namun Deni mengakui, untuk menganalisis karakter pemilih kritis tersebut, SMRC membutuhkan waktu analisis sejak dua tahun lalu. Analisis ini dilatari oleh bagaimana kecenderungan mereka terhadap calon presiden bila Pemilu diadakan pada waktu survei, dan siapa calon yang mendapat dukungan paling kuat dari para pemilih kritis ini.

"Untuk menjawab itu kami melakukan survei dalam dua tahun terakhir dan dimutakhirkan melalui telepon pada 8-10 Februari 2022," jelas Deni.

Hasilnya, lanjut Deni, nama Ganjar Pranowo ada di paling atas pada survei dengan pertanyaan terbuka tentang siapa sosok dipilih sebagai presiden bila pemilihan dilakukan sekarang.

"Pertanyaan survei pertama dilakukan tanpa menunjukkan daftar nama atau secara top of mind responden. Kami mendapat jawaban Ganjar Pranowo Ganjar Pranowo mendapat dukungan sebesar 19,9%, Prabowo Subianto 18,4%, Anies Baswedan 3,2% dan Ridwan Kamil 3,2%," beber Deni.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muncul Nama Jokowi

Deni menambahkan, posisi selanjutnya ternyata muncul nama Jokowi dengan angka 3%. Perolehan angka itu diketahui lebih tinggi dari nama di urutan selanjutnya, seperti Sandiaga Uno 2,7%, Agus Harimurti 1,2%, atau bahkan Puan dan Erick Thohir yang hanya mendapat 0 koma sekian suara responden.

Sebagai informasi, target responden survei adalah para WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki ponsel. Total responden yang ikut adalah sebanyak 1268 orang dilakukan secara double sampling dan randpm digit dialing (ROD). Margin of Error 2.8% pada tingkat kepercayaan 95%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.