Sukses

5 Fakta Terkait Kabar Duka Wafatnya Arifin Panigoro

Arifin Panigoro, pendiri Medco Energi meninggal dunia pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis Amerika Serikat (AS) Minggu, 27 Februari 2022 atau Senin 28 Februari 2022 pukul 03.29 AM WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Arifin Panigoro, pendiri MedcoEnergi meninggal dunia pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis Amerika Serikat (AS) Minggu, 27 Februari 2022 atau Senin 28 Februari 2022 pukul 03.29 AM WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan tersebut dikabarkan oleh pianis dan komponis asal Ananda Sukarlan melalui cuitan di twitter.

"Telah wafat Bapak Arifin Panigorodi Rochester Minnesota , Amerika. Pukul 14.45 waktu setempat. ( tgl. 28 Februari 03.45 WIB). Beliau sangat banyak jasanya untuk dunia musik dan seni di Indonesia. RIP, om #ArifinPanigoro," tulisnya.

Selain itu, kabar duka juga disampaikan Direktur dan Chief Administrative Officer MedcoEnergi Amri Siahaan.

"INNAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI’UNTELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH. Bapak Dr HC. Ir. H.Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro. Usia: 76 tahun," ujar dia, Senin (28//2/2022).

"Manajemen beserta seluruh Pegawai Medco Group turut belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan." tambah Amri.

Berikut sederet fakta terkait kabar duka wafatnya pendiri MedcoEnergi Arifin Panigoro dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pertama Kali Dikabarkan Via Media Sosial

Pendiri MedcoEnergi Arifin Panigoro meninggal dunia. Arifin Panigoro meninggal dunia pada Minggu, 27 Februari 2022, pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis Amerika Serikat (AS) atau pada Senin 28 Februari 2022 pukul 03.29 AM WIB.

Berita duka tersebut dikabarkan oleh pianis dan komponis Ananda Sukarlan melalui cuitan di twitter.

"Telah wafat Bapak Arifin Panigorodi Rochester Minnesota , Amerika. Pukul 14.45 waktu setempat. ( tgl. 28 Februari 03.45 WIB). Beliau sangat banyak jasanya untuk dunia musik dan seni di Indonesia. RIP, om #ArifinPanigoro," tulisnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Wafat di Usia 76 Tahun, Medco Energi Berduka

Pengusaha Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro meninggal pada usia 76 tahun.

Seperti diungkapkan Humas Medco Energi saat dikonfirmasi, Senin (28/2/2022).

BERITA DUKA CITA

INNAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI’UNTELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH

Bapak Dr HC. Ir. H.Arifin Panigoro bin Yusuf PanigoroUsia: 76 tahun

Pada hari Minggu, 27 Februari 2022, pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis USAatau Senin, 28 Februari pukul 03.29 AM WIB

Rumah Duka:Griya Jenggala – Jl. Jenggala 1 No. 2Waktu dan Tempat Pemakaman akan diinformasikan kemudian

Semoga Almarhum Husnul Khatimah dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Manajemen beserta seluruh Pegawai Medco Group turut belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan.

 

4 dari 6 halaman

3. Arifin Pendiri MedcoEnergi

Arifin Panigoro adalah pengusaha Indonesia yang mendirikan perusahaan energi dengan nama Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco).

Pria berdarah Gorontalo ini lahir di Bandung pada 14 Maret 1945. Arifin Panogoro adalah mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat kuliah ia sudah memulai berbisnis menjadi kontraktor instalasi listrik.

Setelah lulus dari ITB, Arifin beserta teman-temannya mencetuskan gagasan untuk membangun bisnis jasa pengeboran minyak dan gas pada 1980-an.

Medco melakukan Penawaran Saham Perdana (IPO) yang pertama pada 1994 dan terus berkembang sejak itu dan bahkan ekspansi hingga ke luar negeri. Pada 2006 perusahaan tersebut ,endapatkan kontrak jasa E&P untuk Lapangan Karim Small Fields, Oman.

Pada 2014 Medco mengakuisisi delapan wilayah kerja minyak dan gas di Tunisia, melalui akuisisi Storm Venture International (Barbados) Ltd.

Pada 2019, Medco Energi melakukan ekspansi portofolio minyak & gas melalui akuisisi Ophir Energy plc, kemudian menjadi Perusahaan energi dan sumber daya alam terkemuka di Asia Tenggara.

 

5 dari 6 halaman

4. Jejak Politiknya

Merangkum dari jejak digitalnya, Arifin pernah tercatat sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP). Bersama partai berlogo banteng tersebut, almarhum dapat melenggang ke Senayan pada 1999 hingga menjadi ketua fraksi PDIP di Parlemen pada 2002-2003.

Akan tetapi, dia hengkang di tengah jalan sebagai kader PDIP pada 2005. Dia memilih mendirikan partai baru, bernama Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Jauh sebelum masuk partai, membaurnya sosok almarhum ke dunia politik sudah sejak zaman Presiden Soeharto, almarhum pernah dituding sebagai seorang antek yang mendanai gerakan mahasiswa melawan Soeharto.

Namun, melalui pernyataannya, bantuan yang diberikan hanya berupa kiriman makanan kepada demonstran. Sebab dirinya mendukung aksi yang mengkritik pemerintah akibat harga sembako yang melambung tersebut.

Sebelumnya, Arifin sempat dituduh berupaya menggagalkan Sidang Umum MPR 1998 pelantikan Presiden Soeharto untuk ketujuh kalinya, karena ia melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik di Hotel Radisson, Yogyakarta pada tahun 1998. Dalam memo dari asisten Wakil Presiden saat itu, Sofian Effendi, menuduh Arifin berencana melakukan makar.

 

6 dari 6 halaman

5. Sempat Jadi Wantimpres

Arifin berkenalan dengan dunia politik lebih dalam saat partai-partai baru bermunculan usai lengsernya Presiden Soeharto pada 1998.

Dia juga menjalin hubungan dengan sejumlah tokoh politik dan sempat mencoba menginisiasi gerakan untuk memunculkan Cendekiawan Muslim, mendiang Nurcholish Madjid, untuk menjadi presiden.

Di tanah air, Arifin bukan hanya dikenal sebagai pengusaha sukses, tapi juga sosok yang terjun di dunia politik. Terakhir, dia diketahui merupakan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.