Sukses

Penyebab Kemacetan di Jalur Puncak Bogor pada Minggu 27 Februari 2022

Volume arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor mengalami kenaikan pada Minggu 27 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Volume arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor mengalami kenaikan pada Minggu 27 Februari 2022. Kemacetan parah terjadi di beberapa titik.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menerangkan, pihaknya sebenarnya telah mengambil beberapa kebijakan demi mengurangi kepadatan kendaraan di kawasan Puncak Bogor pada hari tersebut. Dia menyebut, salah satunya kebijakan one way atau sistem satu arah (SSA).

Kendati begitu, masih ada penumpukan di beberapa titik hingga menyebabkan kemacetan. Penyebabnya, ada beberapa faktor. Salah satunya di antaranya banyak kendaraan mogok di jalan.

"Itu tidak cuma satu, tapi ada beberapa," kata Dicky saat dihubungi, Senin (28/2/2022).

Belum lagi, sikap pengendara motor yang dinilai tidak patuh. Petugas kepolisian telah mengarahkan pengendara melewati jalur-jalur alternatif, namun tidak digubris.

"Pengguna sepeda motor membludak, naik maupun turun mereka rata-rata tidak sabar. Kami sudah alihkan beberapa titik untuk mereka melewati alternatif tapi mereka keluar lagi. Pada saat diarahkan kepolisian mereka keluar lagi melembung lagi akhirnya tidak bisa lewat," papar Dicky.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Long Weekend?

Dicky mengakui, jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Puncak pada libur akhir pekan kemarin mengalami lonjakan dibandingkan beberapa pekan sebelumnya. Kondisi ini pun berdampak pada situasi di beberapa titik.

"Terlihat sekali kalau bicara peningkatan apalagi di beberapa minggu ke belakang memang bisa dikatakan cukup landai cukup normal saja untuk arus Puncak. Namun di minggu kemarin ini mungkin karena efek long weekend jadi kendaraan luar biasa," terang dia.

Dicky menerangkan, hasil pemantauan anggota pada pagi ini kemacetan sudah terurai. Situasi arus lalu lintas perlahan-lahan mulai normal kembali.

"Sudah terurai," ucap dia menjawab soal kondisi lalu lintas pada pagi ini.

3 dari 4 halaman

Puncak Padat, Kemenkes: Pandemi Covid-19 Masih Belum Selesai

Jalur wisata Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dipadati pengendara pada Minggu malam 27 Februari 2022. Kondisi ini menyebabkan kendaraan, baik mobil maupun motor tidak bisa bergerak kurang lebih 12 jam.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyesalkan kepadatan jalur wisata tersebut di tengah masih merebaknya Covid-19 varian Omicron. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi meminta masyarakat tetap mematuhi imbuan pemerintah untuk mengurangi mobilitas.

"Tentunya kita pahami bahwa pandemi belum selesai, sehingga tetap mematuhi apa yang menjadi imbauan pemerintah," kata Nadia saat dihubungi, Senin (28/2/2022).

Dia mengatakan, pemerintah telah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level untuk mengendalikan penularan Covid-19. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2022, Kabupaten Bogor menerapkan PPKM Level 3.

"Pengaturan untuk menjaga laju penularan telah dilakukan melalui kebijakan PPKM yang telah dikeluarkan pemerintah," ujar Nadia.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2022, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) menerapkan PPKM Level 3. Aturan ini berlaku 22 sampai 28 Februari 2022.

4 dari 4 halaman

6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.