Sukses

Luhut: Covid-19 di Jawa-Bali Turun Signifikan, Hanya Jateng dan DIY yang Masih Naik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut perkembangan gelombang Covid-19 varian Omicron terus membaik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut perkembangan gelombang Covid-19 varian Omicron terus membaik. Menurut dia, kasus Covid-19 secara nasional dan di Jawa-Bali sudah mulai menurun

"Secara khusus, seluruh provinsi di Jawa Bali juga sudah menunjukkan tren penurunan kasus yang sangat signifikan," kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (27/2/2022).

Dia menyebut hanya dua provinsi di Jawa-Bali yakni, Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masih mengalami peningkatan kasus. Namun, Luhut meyakini kasus Covid-19 di dua provinsi tersebut segera menurun.

"Hanya wilayah Jawa Tengah dan DIY yang masih mengalami peningkatan dan diprediksi akan segera mengalami penurunan dalam beberapa waktu ke depan," tutur Luhut.

Dia juga menyampaikan, tingkat rawat inap rumah sakit yang menunjukkan tanda perlambatan. Dia menuturkan rawat inap rumah sakit di DKI Jakarta, Banten, dan Bali telah mengalami penurunan.

"Sedangkan untuk Provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur sudah mengalami perlambatan kenaikan tingkat rawat inap," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Kasus Kematian

Sementara itu, kasus kematian akibat Covid-19 secara nasional masih lebih rendah dibandingkan saat gelombang varian Delta. Hal yang sama juga terjadi di seluruh provinsi Jawa dan Bali.

"Tingkat kematian dalam 7 hari terakhir di seluruh provinsi Jawa Bali juga masih lebih rendah dari varian Delta yang lalu," tutur Luhut.

Sebelumnya, pemerintah kembali melaporkan penambahan kasus infeksi Virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air. Pada Minggu (27/2/2022), Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan adanya penambahan 34.976 orang positif Covid-19.

Kini, jika diakumulasikan, ada 5.539.394 orang di Indonesia yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona sejak Maret 2020.

Kasus sembuh pada hari ini tercatat bertambah 39.384 orang. Jadi di Indonesia terdapat 4.817.423 pasien berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara itu, kasus meninggal dunia akibat Covid-19 pada hari ini bertambah ada 229 orang. Dengan begitu di Indonesia, ada 148.073 orang meninggal dunia akibat virus Corona sejak awal pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Luhut