Sukses

Luhut Sebut Daerah yang Naik ke PPKM Level 3 dan 4 Meningkat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut jumlah kabupaten/kota di Jawa-Bali yang masuk PPKM level 3 dan 4 mengalami peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut jumlah kabupaten/kota di Jawa-Bali yang masuk PPKM level 3 dan 4 mengalami peningkatan. Dia menjelaskan, hal ini karena pemerintah memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua dalam menentukan level asesmen.

"Mulai minggu depan, Pemerintah akan secara efektif memberlakukan syarat vaksinasi dosis kedua untuk menentukan level asesmen tiap daerah. Hal ini menjadi salah satu penyebab peningkatan kabupaten/kota yang masuk ke level 3 dan 4," ujar Menko Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (27/2/2022).

Kendati begitu, dia mengatakan tren peningkatan ini hanya bersifat sementara dan akan milai menurun pada minggu depan. Luhut menuturkan kabupaten/kota yang naik ke PPKM level 3 dan 4 akan diumumkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Tren peningkatan ini kami perkirakan akan berbalik menurun mulai minggu depan. Terkait asesmen level yang terbaru, secara lengkap dapat terlihat pada Inmendagri yang akan keluar pada 28 Februari esok hari," katanya.

Luhut mengatakan syarat level vaksinasi dosis kedua untuk menentukan asesemen level mingguan setiap daerah berhasil mendorong percepatan vaksinasi dosis kedua umum dan lansia di Jawa-Bali. Saat ini, hanya 7 kabupaten/kota saja yang belum memenuhi syarat vaksin dosis kedua.

"Dari sebelumnya 21 Kabupaten/Kota yang tidak memenuhi syarat dosis kedua umum menjadi hanya tersisa 7 kabupaten/kota. Selain itu, untuk dosis kedua lansia dari sebelumnya 26 Kabupaten/kota saat ini hanya tersisa 10 kabupaten/kota," jelas Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Pandemi Menjadi Endemi

Menurut dia, pemerintah akan terus mengkaji dan menerapkan kebijakan yang dapat mendorong tingkat vaksinasi ke level tertinggi. Dengan begitu, Indonesia akan bisa beralih dari pandemi menjadi endemi. "Agar syarat pra-kondisi endemi yakni tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi dapat segera tercapai," ucap Luhut.

Dalam perpanjangan PPKM periode 22 sampai 28 Februari 2022, jumlah kabupaten/kota yang naik ke PPKM level 3 naik cukup tinggi, dari sebelumnya ada 66 kabupaten/kota bertambah menjadi 99 kabupaten/kota. Selain itu, saat ini terdapat empat daerah masuk ke PPKM level 4.

Keempat daerah itu yakni, Kota Cirebon, Kota Magelang, Kota Tegal dan Kota Madiun. Disisi lain, tidak ada daerah di Jawa-Bali yang kini berstatus PPKM level 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.