Sukses

Mensos: Kita Harus Siap dengan Bencana yang Mungkin Setiap Saat Terjadi

Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya kemandirian dan kesiapsiagaan warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya kemandirian dan kesiapsiagaan warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Kemandirian dan kesiapsiagaan sangat penting dalam menghadapi bencana, termasuk gempa bumi," kata Menteri Sosial saat meninjau warga terdampak gempa di Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sabtu 26 Februari 2022.

Ia mengatakan warga masih khawatir dengan gempa susulan yang mungkin terjadi. Untuk itu ia sengaja datang melihat dan memberikan semangat kepada korban gempa di Pasaman Barat.

Sesampai di lokasi, Mensos langsung mengecek salah satu bangunan terdampak gempa yakni Madrasah Al Wahid di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau. Tampak bangunan sekolah itu rusak di beberapa tempat. Dinding sekolah masih berdiri, namun mengalami keretakan parah dan sangat berpotensi roboh.

Untuk memberikan contoh kemandirian dan kesiapsiagaan, Mensos meminta petugas membawa salah satu tenda merah. Kemudian ia mengajak warga setempat, bersama-sama mendirikan tenda tersebut di halaman madrasah.

"Nah, mudahkan. Bapak ibu sementara bisa tinggal di sini. Supaya kalau sewaktu-waktu ada guncangan gempa susulan, terhindar dari bahaya," kata dia yang dikutip dari Antara.

Seorang nenek bertanya apakah bisa nyaman tinggal di dalam tenda, Mensos menyatakan akan melengkapi fasilitas tenda sehingga nyaman dihuni.

"Nanti dikasih selimut dan ditambahi karpet yang empuk, ya, nenek," katanya.

Hadir bersama Mensos dalam kesempatan ini, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan jajaran.

Dalam kesempatan bersama para tokoh dan masyarakat, Mensos membangun kesadaran agar mereka siap hidup berdampingan dengan bencana. Sebab kalau memindahkan mereka dari desa atau kampung mereka saat ini, bukan perkara sederhana.

"Jadi kita harus siap dengan bencana yang mungkin setiap saat bisa terjadi. Caranya adalah mempersiapkan kemandirian dan kesiapsiagaan. Kalau memindahkan warga tidak sederhana," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sabar Hadapi Cobaan

Tidak lupa ia memberikan motivasi agar masyarakat bersabar menghadapi cobaan, dan tidak lengah. "Tenda ini diserahkan kepada masyarakat. Saya minta terus berlatih, ya, lebih cepat lagi mendirikan tendanya," katanya.

Untuk membantu warga, Mensos juga akan mendirikan lumbung sosial. Di lumbung sosial akan diisi dengan berbagai kebutuhan yang menunjang kelangsungan hidup warga terdampak bencana. Di antara isinya adalah bahan makanan, selimut, karpet, tenda, genset, BBM dan pemurni air.

Untuk keperluan itu, Mensos meminta kepada Pemkab Pasaman Barat untuk menentukan dimana titik koordinat dimana lumbung sosial akan didirikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.